TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Begini Mesin Pembawa Manusia ke Planet Mars

Mesin Raptor milik SpaceX telah sukses jalani uji tembak perdana.
Begini Mesin Pembawa Manusia ke Planet Mars
Uji tembak mesin roket Raptor (Twitter/@elonmusk)

VIVA.co.id – Langkah perusahaan antariksa swasta, SpaceX, untuk ambisi mengirim manusia ke Planet Mars makin serius. Pada hari ini, 26 September 2016 SpaceX telah sukses menguji mesin roket Raptor, Mesin tersebut akan dipakai SpaceX untuk mengirimkan manusia ke Planet Merah tersebut. SpaceX melakukan uji tembak mesin tersebut. 

Uji tembak mesin tersebut, pertama kali dilakukan SpaceX. Dikutip dari The Verge, Senin 26 September 2016, Chief Executive Officer (CEO) SpaceX, Elon Musk senang atas debut sukses uji tembak mesin Raptor.

“Tenaga penggerak SpaceX telah menjalani uji tembak mesin transportasi antarplanet, Raptor," tulis Musk dalam akun Twitternya. 

Namun sayang, teknologi mesin pembaca manusia ke Mars itu masih disimpan rapat oleh SpaceX. Satu-satunya informasi spesifikasi yang dibeberkan Musk di Twitter, tentang mesin Raptor yaitu soal kondisi ruang pada mesin tersebut, serta tujuan produksi mesin Raptor.

Dia mengatakan, tekanan ruang pada Raptor tiga kali dari Merlin. Merlin merupakan keluarga mesin roket yang dikembangkan SpaceX. Mesin Merlin telah dipakai dalam roket Falcon 1, Falcon 9 dan Falcon Heavy.

"Tujuan produksi Raptor yaitu dorongan spesifik 382 detik dan daya dorong 3 metrik ton pada kondisi 300 bar," tulis Musk. 

Sebelumnya, bos SpaceX sudah menyampaikan mesin Raptor bakal mampu menghasilkan daya dorong 500 ribu pon, yang artinya dayanya dua kali dari daya dorong pesawat ulang-alik Amerika Serikat, Space Shuttle. 

Informasi lainnya, mesin Raptor akan menggunakan metana cair bukan kerosene, bahan bakar umum yang dipakai untuk meluncurkan roket. 

Sebenarnya mesin Raptor sudah pertama kali tiba di pusat fasilitas pengujian SpaceX, di McGregor, Texas, Amerika Serikat pada awal tahun ini. Namun teknologi detail mesin tersebut belum dibeberkan ke publik. SpaceX juga masih menutup informasi berapa banyak mesin yang dipakai untuk meluncurkan pesawat antarplanet SpaceX. 

Soal berapa kru yang akan dibawa dalam misi peluncuran ke Mars juga masih belum jelas. Namun yang jelas, Musk berambisi pada 2024, bisa mengirimkan manusia ke Mars melalui pesawat SpaceX. 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP