Peneliti Klaim Temukan Cokelat Bebas Lemak

Cokelat batang.
Sumber :
  • Pixabay/jackmac34

VIVA.co.id – Sering merasa bersalah usai menikmati cokelat karena takut berat badan bertambah? Sebentar lagi rasa bersalah itu akan sirna jika Anda menyantap cokelat yang satu ini. Belum lama ini, seorang peneliti baru saja menemukan cara membuat cokelat bebas lemak yang lezat.

5 Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Seperti dilansir dari Indian Express, mengurangi kandungan lemak membuat cokelat lebih keras dan cenderung cepat meleleh di mulut. Namun menurut peneliti, menambahkan limonene, senyawa yang ditemukan dalam lemon dan jeruk, bisa memperbaiki tekstur cokelat rendah lemak, kemampuan untuk mencairnya, serta bisa mengembalikan sifat cokelat yang lezat.

Ini juga dapat membuat tekstur cokelat lebih halus, lembut dan lebih cepat daripada cokelat rendah lemak lainnya.

6 Menu Buka Puasa Sehat Ini Bikin Energi Penuh, Cegah Diabetes & Hipertensi!

Temuan ini secara detail telah dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry. Dalam studi tersebut, Annelien Rigolle dan peneliti lain dari University of Leuven di Belgia meneliti bagaimana dampak limonene terhadap produksi coklat.

Variasi dari limonene juga mempengaruhi tahapan kristalisasi dari cocoa butter secara berbeda, sehingga akhirnya mempengaruhi tekstur cokelat.

Serba-serbi Perayaan Valentine 14 Februari

Namun, perlu kehati-hatian saat menentukan jumlah limonene, dan suhu ketika cokelat diproses.

(ren)

Ilustrasi makanan sehat.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Puasa ramadhan tidak hanya menjadi waktu untuk meningkatkan spiritualitas, tetapi juga bisa untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan memilih takjil yang tepat.

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2024