TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Peneliti Klaim Temukan Cokelat Bebas Lemak

Dengan menambahkan limonene, senyawa dalam lemon dan jeruk.
Peneliti Klaim Temukan Cokelat Bebas Lemak
Ilustrasi cokelat (Pixabay/jackmac34)

VIVA.co.id – Sering merasa bersalah usai menikmati cokelat karena takut berat badan bertambah? Sebentar lagi rasa bersalah itu akan sirna jika Anda menyantap cokelat yang satu ini. Belum lama ini, seorang peneliti baru saja menemukan cara membuat cokelat bebas lemak yang lezat.

Seperti dilansir dari Indian Express, mengurangi kandungan lemak membuat cokelat lebih keras dan cenderung cepat meleleh di mulut. Namun menurut peneliti, menambahkan limonene, senyawa yang ditemukan dalam lemon dan jeruk, bisa memperbaiki tekstur cokelat rendah lemak, kemampuan untuk mencairnya, serta bisa mengembalikan sifat cokelat yang lezat.

Ini juga dapat membuat tekstur cokelat lebih halus, lembut dan lebih cepat daripada cokelat rendah lemak lainnya.

Temuan ini secara detail telah dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry. Dalam studi tersebut, Annelien Rigolle dan peneliti lain dari University of Leuven di Belgia meneliti bagaimana dampak limonene terhadap produksi coklat.

Variasi dari limonene juga mempengaruhi tahapan kristalisasi dari cocoa butter secara berbeda, sehingga akhirnya mempengaruhi tekstur cokelat.

Namun, perlu kehati-hatian saat menentukan jumlah limonene, dan suhu ketika cokelat diproses.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP