Ikan Bisa Bernyanyi, Misterinya Terpecahkan

Ikan midshipman
Sumber :
  • Reuters/Margaret Marchaterre/Courtesy of Cornell University

VIVA.co.id – Tim ilmuwan telah memecahkan misteri ‘nyanyian’ dari ikan midshipman. Pada masa lalu, dengungan ikan tersebut sempat membuat heran warga di California, Amerika Serikat. Sebab, dengungan ikan itu mengganggu waktu istirahat dan sempat diangap sebagai bunyi dari pelatihan militer, suara dari kehidupan luar Bumi. 

7 Fakta Sains Menakjubkan di Dunia yang Belum Banyak Terungkap

Dikutip dari BBC, Jumat, 23 September 2016, dengan studi mendalam, ilmuwan kini menemukan ‘nyanyian’ ikan tersebut dikendalikan oleh hormon melatonin, sebuah hormon yang membantu manusia tidur.

Dalam kajian peneliti pada 1924, ikan midshipman jantan berdengung saat malam hari. Tapi dalam penelitian yang dipimpin Profesor Andrew Bass, ditemukan ikan midshipman betina ternyata juga mengeluarkan nyanyian. 

Hiu Megalodon Ternyata Benar Ada

"Tapi hanya ikan jantan saja yang membangun sarang dan menghasilkan dengungan untuk menarik betina menuju sarang," jelas Bass.

Dalam penelitiannya, tim ilmuwan menguji apakah nyanyian dikendalikan oleh jam internal hewan tersebut atau umum dikenal ritme sirkadian, yaitu perubahan perilaku yang menyesuaikan dengan jam internal hewan.. 

Jangan Terkecoh oleh Jambul Hewan Ini

Untuk menjawab itu, ilmuwan menempatkan satu kelompok ikan tersebut dalam kondisi cahaya yang konstan. "Saat kami mengganti melatonin pada ikan, mereka terus berdengung, meskipun dengan waktu acak dan tanpa irama," jelas Bass. 

Sementara itu, ilmuwan Yale University,Amerika Serikat, Ni Feng yang terlibat dalam studi itu mengatakan, penelitian menunjukkan hormon melatonin pada manusia dan ikan jenis tersebut memang berbeda. 

Pada manusia, hormon tersebut merupakan semacam suplemen untuk membuat manusia lebih mudah tertidur dan mengatasi jetlag. Sementara pada ikan tersebut, punya fungsi lain. 

"Pada ikan nokturnal, seperti ikan midshipman, hormon itu berfungsi membangunkan mereka dan membuka jalan bagi panggilan kawin," kata Feng. 

Feng mengatakan, penelitian yang dilakukan menunjukkan nyanyian ikan itu bisa berguna untuk mempelajari hormon dan perilaku komunikasi reproduksi bagi banyak spesies vertebrata. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya