TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Ikan Bisa Bernyanyi, Misterinya Terpecahkan

Ikan 'bernyanyi' dengan melepaskan hormon melatonin.
Ikan Bisa Bernyanyi, Misterinya Terpecahkan
Ikan midshipman (Reuters/Margaret Marchaterre/Courtesy of Cornell University)

VIVA.co.id – Tim ilmuwan telah memecahkan misteri ‘nyanyian’ dari ikan midshipman. Pada masa lalu, dengungan ikan tersebut sempat membuat heran warga di California, Amerika Serikat. Sebab, dengungan ikan itu mengganggu waktu istirahat dan sempat diangap sebagai bunyi dari pelatihan militer, suara dari kehidupan luar Bumi. 

Dikutip dari BBC, Jumat, 23 September 2016, dengan studi mendalam, ilmuwan kini menemukan ‘nyanyian’ ikan tersebut dikendalikan oleh hormon melatonin, sebuah hormon yang membantu manusia tidur.

Dalam kajian peneliti pada 1924, ikan midshipman jantan berdengung saat malam hari. Tapi dalam penelitian yang dipimpin Profesor Andrew Bass, ditemukan ikan midshipman betina ternyata juga mengeluarkan nyanyian. 

"Tapi hanya ikan jantan saja yang membangun sarang dan menghasilkan dengungan untuk menarik betina menuju sarang," jelas Bass.

Dalam penelitiannya, tim ilmuwan menguji apakah nyanyian dikendalikan oleh jam internal hewan tersebut atau umum dikenal ritme sirkadian, yaitu perubahan perilaku yang menyesuaikan dengan jam internal hewan.. 

Untuk menjawab itu, ilmuwan menempatkan satu kelompok ikan tersebut dalam kondisi cahaya yang konstan. "Saat kami mengganti melatonin pada ikan, mereka terus berdengung, meskipun dengan waktu acak dan tanpa irama," jelas Bass. 

Sementara itu, ilmuwan Yale University,Amerika Serikat, Ni Feng yang terlibat dalam studi itu mengatakan, penelitian menunjukkan hormon melatonin pada manusia dan ikan jenis tersebut memang berbeda. 

Pada manusia, hormon tersebut merupakan semacam suplemen untuk membuat manusia lebih mudah tertidur dan mengatasi jetlag. Sementara pada ikan tersebut, punya fungsi lain. 

"Pada ikan nokturnal, seperti ikan midshipman, hormon itu berfungsi membangunkan mereka dan membuka jalan bagi panggilan kawin," kata Feng. 

Feng mengatakan, penelitian yang dilakukan menunjukkan nyanyian ikan itu bisa berguna untuk mempelajari hormon dan perilaku komunikasi reproduksi bagi banyak spesies vertebrata. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP