TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

WhatsApp Kenalkan Fitur Kode Kunci Enam Digit?

WhatsApp telah mengenkripsi layanan mereka sejak lima bulan lalu.
WhatsApp Kenalkan Fitur Kode Kunci Enam Digit?
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/Antonbe)

VIVA.co.id – Sejak lima bulan lalu, WhatsApp sudah melindungi layanan mereka dengan enkripsi end to end. Fitur keamanan itu memastikan privasi dan riwayat percakapan pengguna terjaga. 

Namun demikian, meskipun sudah mengaktifkan enkripsi end to end, tetap saja ada peluang atau celah yang bisa dimanfaatkan penjahat siber untuk membobol enkripsi tersebut. 

Guna menghindari pengawasan dan upaya mata-mata dalam layanannya, menurut laporan Android Authority dikutip Jumat 23 September 2016, WhatsApp diduga bakal mengenalkan fitur keamanan kode kunci enam digit untuk melindungi privasi pengguna. 

Android Authority menemukan sinyal itu dalam program penerjemahan WhatsApp. Dalam program itu, terdapat penanda yang merujuk pada kode kunci. Tanda yang dimaksud yaitu 'masukkan kode kunci enam digit', 'kode kunci tidak cocok, dan ‘Coba masukkan lagi alamat email pemulihan'.

Dalam catatan itu, email pemulihan bisa menjadi opsional. Biasanya alamat email pemulihan diperlukan dalam kasus pengguna secara tak sengaja mengunci akun mereka. 

Android Authority menyebutkan bisa saja pembaharuan WhatsApp ke depan akan mengizinkan pengguna memasukkan kode kunci enam digit untuk melawan upaya gangguan privasi pengguna. 

Untuk menjadi catatan, fitur keamanan kode kunci memang masih bersifat spekulasi dan untuk itu tidak ada keterangan kapan fitur tersebut bakal dirilis oleh WhatsApp. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP