Akses Internet di Luar Jawa, XL Buka 'Keran' 3G di 900 MHz

Chief Executive Officer PT XL Axiata Tbk (XL), Dian Siswarini.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – PT XL Axiata Tbk (XL) tengah mengembangkan layanan telekomunikasi dan data, dengan memanfaatkan teknologi mutakhir, serta sumber daya frekuensi yang dimiliki. Caranya, XL akan membuka 'keran' jaringan 3G di 900 MHz (U900), yang nantinya digunakan untuk wilayah tertentu, yakni Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Hukuman Tambahan Larangan Akses Internet 8 Tahun ke Terdakwa Revenge Porn Dinilai Progresif

Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya mengungkapkan, visi XL dalam mengimplementasikan U900 adalah menyesuaikan dengan program Indonesia Broadband Plan, yang sedang dijalankan oleh pemerintah, guna menyediakan layanan broadband hingga pelosok di seluruh Indonesia.

"Bagi XL, implementasi U900, sekaligus menjadi alat pendorong akselerasi perpindahan pelanggan dari 2G ke 3G, atau 4G juga, serta memperluas cakupan layanan internet cepat di berbagai daerah, termasuk wilayah yang selama ini belum mendapatkan layanan internet yang memadai," ujar Yessie dalam siaran persnya, Senin 19 September 2016.

Dapatkan Cuan Berlipat dengan Manfaatkan Jaringan Internet Cepat, Perhatikan Hal Ini

Dari sisi regulasi, Yessie mengatakan, implementasi U900 di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi telah lolos dalam Uji Layak Operasi (ULO) dan mengantongi sertifikat kelayakan penggunaan frekuensi 900 MHz yang ditujukan untuk kebutuhan komersil.

"Secara regulasi, teknologi berbasis 900 MHz sudah dinyatakan sebagai teknologi netral untuk implementasi layanan 2G/3G/4G," ucap Yessie.

Komisi I DPR Harap BAKTI Bisa Mensinergikan BTS, VSAT dan Radio Link

Sementara itu, dari sisi teknis, sudah cukup lama XL uji coba menggunakan frekuensi 900MHz ini, baik untuk 3G maupun 4G. Implementasi saat ini juga tidak terlepas dari sudah tersedianya ponsel dengan kemampuan akses layanan U900 MHz. 

Yessie mengatakan, implementasi U900 ini akan membantu XL dalam menjangkau layanan internet cepat ke daerah pelosok, terutama di luar Jawa, yang mana jaringan 3G akan memberi kesempatan masyarakat untuk berselancar di internet.

Yessie menuturkan, U900 bisa digunakan untuk layanan voice, SMS, dan internet cepat. Selain itu juga agar masyarakat dan pelanggan XL bisa mendapatkan manfaat dari teknologi yang lebih maju, dan bisa mulai meninggalkan teknologi 2G.

Kecepatan unduhan

Kecepatan unduhan 3G HSPA 900 MHz bisa mencapai 21 Mbps. Dengan jangkauan sinyal yang lebih baik, kecepatan layanan data internet akan tetap tinggi, bahkan untuk area perbatasan. Satu hal yang memang menjadi target XL dalam implementasi U900 ini yaitu meningkatkan pengalaman pelanggan pada layanan internet dan data. 

Sejalan dengan perluasan implementasi layanan internet cepat 4G ke berbagai daerah yang saat ini sedang berjalan, implementasi U900 oleh XL ini sebagai langkah untuk lebih mempercepat pemerataan jaringan internet cepat di seluruh wilayah layanan, disesuaikan dengan ketersediaan frekuensi yang dimiliki. Sebelumnya, frekuensi 900 MHz dipergunakan XL untuk menyelenggarakan layanan berbasis 2G.

Seiring dengan terus bertambahnya pelanggan yang beralih dari 2G ke 3G atau 4G, maka semakin longgar jaringan di frekuensi 900 Mhz yang tersisa. Jaringan inilah yang kemudian oleh XL dimodernisasi untuk dapat dipakai sebagai jaringan 3G juga. 

Dari total keseluruhan pelanggan XL saat ini, lebih 50 persen yang masih menggunakan jaringan 2G. Sementara itu secara industri, sebanyak 60-70 persen pelanggan masih menggunakan 2G. XL terus mendorong pelanggan, agar beralih ke layanan 3G, atau 4G yang memiliki kemampuan yang akses internet dan data lebih baik. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya