TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Indonesia Siapkan Observatorium Lebih Besar dari Bosscha

Observatorium Bosscha dianggap sudah tak ideal untuk pengamatan.
Indonesia Siapkan Observatorium Lebih Besar dari Bosscha
Observatorium Bosscha, Lembang, Bandung (Antara/ Rezza Estily)

VIVA.co.id – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengungkapkan akan ada pengganti observatorium nasional pengganti Bosscha yang berada di Lembang, Bandung. Observatorium Bosscha sudah saatnya diganti sebab dianggap sudah tidak lagi cocok untuk pengamatan antariksa.

Kepala Biro Kerja Sama Hubungan Masyarakat dan Umum Lapan, Chris Dewanto, mengatakan saat ini tengah meminta proses izin pakai hutan untuk pembangunan observatorium pengganti Bosscha tersebut. Observatorium generasi terbaru itu akan berada di wilayah Gunung Timau, di Kecamatan Amfoang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Sekarang belum dibangun, baru proses perizinannya dulu. Observatorium tersebut nanti bisa digunakan pada tahun 2019," ujar Chris ketika ditemui VIVA.co.id usai konferensi pers Try Zero G for Asian Youth 2016 di Kantor Lapan, Rawamangun, Jakarta, Senin 19 September 2016.

Chris menuturkan, kondisi lingkungan Bosscha sekarang ini tidaklah sama dengan awal dibangun sekitar 100 tahun lalu. Pada saat itu, Bosscha didirikan di lingkungan yang gelap sehingga cocok untuk pengamatan antariksa saat malam hari.

"Sekarang kan Bosscha sudah menjadi tempat wisata dan banyak polusi cahayanya. Maka itu, kita alihkan dengan bangun observatorium nasional lainnya di Kupang, yang diameter teleskopnya lebih dari tiga meter yang juga nantinya untuk pengamatan antariksa," ucapnya.

Selain itu, Chris menambahkan, pemilihan Gunung Timau untuk mengamati antariksa, sebab di tempat tersebut daerahnya sudah gelap, jarang sekali hujan, dan sedikit awannya. Jadi, para peneliti akan melihat pemandangan alam semesta bisa terlihat dengan jelas, karena didukung lokasi observatorium.

"Area observatorium di Kupang itu luasnya sekitar 30 hektar dengan memperhatikan tidak terjadinya dijadikan banyak tempat wisata kembali di sekitarnya seperti yang terjadi di Bosscha. Semacam ada jarak, begitu," ucapnya.

Bila sudah dibangun, maka Indonesia akan mempunyai dua observatorium nasional. Observatorium pertama ada di Bosscha dan yang kedua berada di Kupang. Untuk pembangunan observatorium nasional yang saat ini tengah digarap, Lapan setidaknya harus menyiapkan dana sekitar Rp300 miliar.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP