TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Tangerang Selatan Pamer Anggrek di Forum Inovasi Global

Tangerang Selatan tuan rumah TGIF 2016.
Tangerang Selatan Pamer Anggrek di Forum Inovasi Global
Menristekdikti Mohamad Nasir dan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany (VIVA.co.id/Mitra Angelia)

VIVA.co.id – Untuk memperkuat jejaring inovasi global, Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyelenggarakan Tangerang Selatan Global Innovation Forum (TGIF) 2016. Forum akan berlangsung dari 20 hingga 23 September 2016.

Kemenristekdikti menyelenggarakan forum tersebut bekerja sama dengan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), World Technopolis Association (WTA) dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan. 

Menristekdikti Mohamad Nasir, menyampaikan tujuan utama penyelenggaraan TGIF 2016, adalah untuk memberikan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi global melalui promosi budaya inovasi, wirausaha berbasis teknologi, serta alih teknologi dan ilmu pengetahuan. 

"Selain itu, forum ini juga merupakan wadah bertukar pendapat dan memperluas jejaring para profesional penelitan dan perekeyasa, pembuat kebijakan dalam ilmu pengetahuan dan inovasi, para pelaku di dunia industri teknologi industri, serta komunitas masyarakat dari seluruh dunia," ujar Nasir dalam paparannya di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, Senin 19 September 2016.

Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany mengatakan, TGIF 2016 diadakan di Tangerang Selatan, karena telah ditunjuk sebagai tuan rumah WTA. Tangerang Selatan merupakan salah satu anggota WTA yang tergabung sejak 2014. 

Airin menuturkan, dalam forum tersebut, Tangerang Selatan akan memperlihatkan berbagai macam bunga anggrek yang menjadi andalan kota yang ia pimpin. 

"Salah satu (unggulan Tangsel) adalah anggrek, dan kita sudah kembangkan dengan BPPT," katanya. 

TGIF 2016 merupakan tindak lanjut kerja sama antara UNESCO, WTA dan Kemenristekdikti sejak 2007. Awalnya kerja sama fokus pada bantuan teknis pengembangan Science Techno Park (STP), yakni Puspiptek Serpong sebagai salah satu proyek percontohan.

Nah, sejak saat itu, kemitraan diperluas dengan melibatkan kerja sama antara kota dan dunia usaha seperti kemitraan antara kota Tangerang Selatan dan Kota Daejoen di Korea Selatan. 

Forum dan seminar TGIF akan dihadiri oleh kurang lebih seribu peserta dari 47 negara anggota WTA, industri, akademisi atau rektor dan praktisi bisnis teknologi tinggi dari berbagai negara lain. 

Acara juga dimeriahkan dengan pameran inovasi. Untuk menyambut TGIF 2016, warga Tangerang Selatan ikut memeriahkan dengan memerkan hasil UKM warga. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP