TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Seberapa Memuaskan Lalu Lintas Kota-kota di Indonesia?

Waze merilis potret kualitas lalu lintas negara dan kota di dunia.
Seberapa Memuaskan Lalu Lintas Kota-kota di Indonesia?
Aplikasi Waze (Engadget)

VIVA.co.id – Aplikasi navigasi jalanan, Waze merilis daftar peringkat kepuasan pengemudi yang menggunakan Waze. Hasil tingkat kepuasan itu dituangkan dalam laporan Waze Driver Satisfaction Index.

Dalam tingkat kepuasan pengguna itu, Waze mengukur kualitas lalu lintas jalanan di berbagai negara dan kota di seluruh dunia. Waze mengindeks pengalaman berkendara negara dan kota yang memiliki penggguna aktif bulanan lebih dari 20 ribu. Alasan kualifikasi negara dan kota itu dilandasi untuk memastikan akurasi data dan perbandingan yang lebih adil.

Waze Driver Satisfaction Index menganalisa pengalaman berkendara dari jutaan pengguna aktif Waze di 38 negara dan 235 kota di dunia. Dari sini, bisa dilihat potret lalu lintas dengan sudut pandang yang lain. 

Sebab, selama ini, bicara soal lalu lintas, umumnya hanya melihat dari satu variabel saja, misalnya waktu yang dihabiskan di jalanan. Dalam Waze Driver Satisfaction Index, untuk bicara tingkat kepuasan berkendara, punya variabel yang lebih beragam. Waze mengukurnya dengan enam variabel kualitatif dan kuantitatif untuk memberikan sisi pengalaman berkendara di berbagai kota dan negara di seluruh dunia. 

Untuk memeringkat kualitas lalu lintas sebuah kota, atau negara, indeks Waze mengukurnya dengan beragam indikator di antaranya total waktu berlalu lintas yang ditempuh, rata-rata panjang jarak dari rumah ke tempat kerja, kecepatan kendaraan selama waktu jam sibuk, jumlah laporan konstruksi, dan jumlah laporan penutupan jalan.

Waze membuat angka indeks antara 1 sampai 10. Angka 1 mewakili gambaran indeks paling parah, atau menyedihkan pengalaman berkendara, sedangkan angka 10 mewakili tingkat kepuasan pengalaman berkendara.

Nah, untuk peringkat pengalaman berkendara kategori kota, beberapa kota di Indonesia menempati posisi ratusan.  

Tercatat Semarang duduk di posisi 145 dengan tingkat indeks 4,58, Malang posisi 146 dengan indeks 4,56, Yogyakarta posisi 150 dengan indeks 4,42, Medan posisi 168 dengan indeks 3,75, Jakarta posisi 178 dengan indeks 3,37, Surabaya posisi 181 dengan indeks 3,14, Bandung posisi 182 dengan indeks 3,00, Denpasar posisi 183 dengan indeks 2,89, dan Bogor posisi 185 dengan indeks 2,15. 

Dari data peringkat tersebut, juga menggambarkan kualitas lalu lintas antara beberapa kota besar di Indonesia. 

Tingkat kepuasan kualitas lalu lintas Semarang yaitu 4,76, Malang (4,16), Yogyakarta (3,84), Medan (3.62), Jakarta (0,57), Surabaya (0,94), Bandung (0,90), Denpasar (1,16),  dan Bogor (3,23).

Waze kini memiliki lebih dari 65 juta pengguna aktif bulananan secara global di 185 negara.  (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP