TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Ini yang Bisa Dilakukan dengan iOS 10

Notifikasi yang dipermudah.
Ini yang Bisa Dilakukan dengan iOS 10
Apple iPhone 5S (imore.com)

VIVA.co.id – Apple Corporation telah menghadirkan sistem operasi terbarunya,  iOS 10. Sistem operasi ini digadang-gadang hadir dengan fitur yang lebih fun, ekpresif dan interaktif. 

Apple Certified Trainer di Indonesia, Mahendra mengatakan, perubahan pertama adalah dari tampilan slide to unlock phone di iOS 10. Jika iOS sebelumnya menggunakan pola geser ke kiri untuk membuka, kali ini dengan sistem operasi baru cukup menekan home button untuk membuka tampilan. 

Kemudian, lanjut Mahendra, pada fitur notification,  pengguna tidak perlu repot membuka aplikasi lebih dulu. Ketika muncul notifikasi,  tinggal slide ke kiri, lalu ada pilihan untuk langsung membalas. 

"Misal juga ada foto dan video, maka itu bisa langsung dilihat di notif," ujar Mahendra saat ditemui di iBox,  Kota Casablanka, Jakarta, Kamis 15 September 2016.

Perubahan lain, pada aplikasi photos,  adanya fitur memories di iOS 10, sehingga koleksi foto dikelompokkan dengan sendirinya,  berdasarkan waktu,  personil,  lokasi atau event.  Biasanya,  pengguna mesti membuat album dahulu. 

"Pengguna juga bisa menikmati dan mengenang momen dalam bentuk slideshow ataupun video dengan diiringi alunan musik yang dapat disesuikan dengan tema foto," katanya menambahkan. 

Namun begitu, perubahan lebih interaktif ada pada iMessage. Apple Certified Trainer lainnya, Setio Wicaksono menjelaskan,  perubahan pada iMessage adalah invisibe ink, merupakan fitur untuk mengirimkan pesan atau gambar dengan cara tidak terlihat atau tertutup butiran pasir. 

Penerima bisa melihat pesan yang dikirimkan setelah melakukan gerakan usap berulang pada tulisan atau gambar. Fitur Gentle dan Loud juga menarik karena akan membuat font dari pesan terlihat membesar dan mengecil secara perlahan. 

Jika pesan terlihat semakin membesar, itu adalah untuk mengekpresikan diri, misalkan rasa senang, sebal atau kaget. Slam juga ada, yakni  fitur yang dapat digunakan untuk memberikan kesan dramatis, pesan pada chat akan bergetar dan bergerak seolah memberi seruan kepada penerima pesan. 

Fitur pada iMessage yang menarik lainnya,  tambah Setio, adalah lebih kaya emoji dan bisa mengirim pesan dengan tulisan tangan. 

"Tinggal di lanscape (layar),  fitur muncul,  tulis (dengan tangan),  kemudian tap and hold," katanya. 

Pesan yang muncul pada penerima pun tidak langsung utuh, guratan tulisan tangan akan keluar seperti pemberi pesan menulis dari awal. 

Masih banyak kejutan lainnya pda iOS 10. IBox selaku Apple premium reseller siap membantu para pengguna iOS untuk mengetahui lebih banyak informasi dan memembantu update ke iOS 10.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP