TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Google Doodle Jean Batten, Wanita Pemecah Rekor Penerbangan

Jika hidup, usia Batten telah mencapai 107 tahun hari ini.
Google Doodle Jean Batten, Wanita Pemecah Rekor Penerbangan
Jean Batten (nzhistory)

VIVA.co.id – Membuka Google Doodle hari ini maka akan tersaji segala hal yang berhubungan dengan Jean Batten. 15 September merupakan hari kelahiran Batten, wanita yang sangat terkenal dalam dunia penerbangan karena rekor penerbangannya keliling dunia.

Awalnya Batten merupakan ahli dalam bermain piano. Namun ketertarikannya mulai berpindah pada usia 18 tahun, dari pianis menjadi pilot, setelah ia diajak terbang oleh Charles Kingford Smith.

Smith merupakan pilot asal Australia yang membawa Batten terbang menggunakan pesawat Southern Cross. Di sinilah keinginan Batten semakin kuat untuk menjadi seorang pilot. 

Bahkan pada 1929, Batten dan sang ibunda pindah ke Inggris untuk bergabung dengan London Aeroplane Club. Dia mulai melakukan penerbangan solo pada 1930.

Sempat dua kali gagal terbang, dari Inggris ke Australia pada 1930, Batten memutuskan untuk tidak menyerah. Dia pun berhasil melakukan penerbangan awalnya pada Mei 1934. Saat itu, Batten sukses terbang solo selama 14 hari dan 22 jam dari Inggris ke Australia.

Ini memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang penerbang asal Inggris, Amy Johnson, yang hanya terbang selama empat jam.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP