TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Barack Obama Bisa Sebabkan Musnahnya Kura-kura

Dinamakan setelah nama Presiden AS, Barack Obama
Barack Obama Bisa Sebabkan Musnahnya Kura-kura
Kura-kura Galapagos (dok. Corbis)

VIVA.co.id – Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, dihormati dengan cara yang unik. Usai tim parasitologis Amerika bertemu dengan orang nomor satu itu, mereka menamai temuan spesies parasit baru dengan Baractrema obamai.
 
Dilansir Tech Times, Selasa, 13 September 2016, ketua peneliti, Thomas R. Platt mengatakan, mereka baru saja menemukan spesies baru dari cacing pipih parasit yang ‘menghuni’ kura-kura. Luar biasanya, parasit ini perlahan bisa memusnahkan kura-kura.
 
“Mereka  (parasit) menghadapi hambatan yang luar biasa untuk menyelesaikan perjalanan mereka (siklus hidup) dan harus bersaing dengan sistem kekebalan tubuh dari tuan rumah (kura-kura) untuk tumbuh dewasa dan bereproduksi," jelas Platt.

Baca Juga: Mengenal Parasit Bernama Barack Obama
 
Menurut Platt, Baractrema obamai disebut istimewa karena punya karakteristik yang sangat berbeda dengan kelompok parasit kura-kura lainnya. Parasit ini dikategorikan dalam genus terpisah dan spesies baru.
 
Bentuk tubuh Baractrema obamai panjang dan tipis seperti benang. Parasit ini paling banyak diamati ada di penyu hitam (Siebenrockiella crassicollis), kura-kura air tawar dan kura-kura kotak Malaysia (Cuora amboinensis).
 
Platt menambahkan, sesekali parasit akan menembus paru-paru hewan yang dihinggapinya. Kadang ada juga di telur kura-kura dan penyu, tapi belum diketahui, bagaimana proses parasit tersebut bisa menembus masuk.

Tim Parasitologis juga  berkeyakinan bahwa parasit kura-kura yang ditemukan sekarang, bisa jadi adalah ‘nenek moyang’ dari cacing pipih yang menyebarkan penyakit Schistosomiasis di negara-negara berkembang dan memengaruhi jutaan orang.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP