TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Mengenal AirPods, Earphone Tanpa Kabel Milik iPhone 7

Perangkat ini dijual terpisah.
Mengenal AirPods, Earphone Tanpa Kabel Milik iPhone 7
Apple iPhone7 dan AirPods. (REUTERS/Beck Diefenbach)

VIVA.co.id – Apple melakukan keputusan yang tidak populer dengan menghapus audio jack 3,5 mm pada dua perangkat terbarunya, iPhone 7 dan 7 Plus. Sebagai gantinya, Apple menyediakan AirPods yang berperan sebagai earphone khusus untuk keluarga baru iPhone tersebut.

Langkah tersebut diambil oleh Apple, karena mereka menilai audio jack 3,5 mm inovasi yang usang untuk ukuran era modern seperti saat ini. Untuk itu, perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook itu menghadirkan inovasi terbaru, sebuah earphone yang tanpa memerlukan kabel untuk dipasangkan kepada perangkat.

Untuk menghilangkan rasa penasaran, apa itu AirPods. Berikut beberapa informasi mengenai aksesori Apple tersebut, dilansir Business Insider, Minggu, 11 September 2016.

- AirPods merupakan earbuds nirkabel. Diinformasikan, earbuds ialah salah jenis tipe earphone yang berbentuk standar, biasanya headset bawaan dari handphone.

- Dengan dijual berkisar US$159 atau Rp2 jutaan, konsumen dapat membelinya setelah perilisan di bulan Oktober 2016. AirPods bukanlah aksesori gratis untuk pembelian iPhone 7 dan 7 Plus. Sebab, duo iPhone itu hanya dibekali earbuds yang dinamakan EarPods.

- Hilangnya audio jack 3,5 mm, bukan berarti pengguna iPhone 7 dan 7 Plus harus menggunakan AirPods. Bila ada earphone yang sudah tersemat fitur Bluetooth, maka itu bisa menjadi opsi. Pengoperasian AirPods di iPhone 7 dan 7 Plus juga memanfaatkan Bluetooth.

- Meski bisa diakali oleh earphone lain yang dilengkapi Bluetooth, tetapi AirPods memiliki keunggulan dibandingkan alat pendengar lainnya. AirPods memiliki prosesor bernama W1, di mana W1 sebuah chip yang terdapat di dalam Airpods untuk membantu terpasang dengan iPhone lebih mudah.

- Selain itu, manfaat W1 lainnya, berupa membuat baterai iPhone jadi lebih hemat ketika digunakan oleh penggunanya. Baterai akan hidup lebih lama lagi.

- AirPods dapat diisi dayanya melalui alat magnetik. Dalam pengisian selama lima jam, dapat digunakan sekitar 24 jam. AirPods juga bisa digunakan untuk Mac atau Apple Watch.

- Dengan tanpa kabel dan bentuknya yang kecil, AirPods tentu akan mudah hilang atau tak terlacak ketika pengguna ketinggalan.

- Untuk kualitas audionya, AirPods ini hampir identik dengan jenis earbuds lainnya. Pembedanya, Airpods tahan air untuk terciprat air, seperti dalam kehujanan atau sedang berolahraga, bukan untuk berenang.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP