TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Bos Alibaba Penasihat, Jangan Sampai Ada Konflik Kepentingan

Penunjukan Jack Ma mendapat respons pemain e-comerce lokal.
Bos Alibaba Penasihat, Jangan Sampai Ada Konflik Kepentingan
Pendiri Alibaba, Jack Ma (http://studentpreneur.co)

VIVA.co.id – Pemerintah telah menawarkan Pendiri Alibaba, Jack Ma sebagai penasihat di Steering Committee Roadmap (peta jalan) e-commerce Indonesia. Gayung bersambut, bos Alibaba itu menyanggupi tawaran tersebut.

Pemilihan bos Alibaba sebagai penasihat itu mendapat respons dari pemain e-commerce lokal. Pemain lokal berharap, bukan Jack Ma saja yang dilibatkan dalam perumusan peta jalan tersebut.

"Jangan sampai ada konflik kepentingan," ujar Chief Executive Officer (CEO) MatahariMall, Hadi Wenas, menanggapi penunjukan Jack Ma di Kantor MatahariMall, Menara Lippo Kuningan, Jakarta, Jumat 9 September 2016.

Untuk itu, Hadi secara tegas mengungkapkan, kenapa pemerintah tak sekalian meminang para pelaku e-commerce global yang sukses lainnya sebagai penasihat. Sehingga, berkumpulnya para ahli e-commerce tersebut dapat menampik isu keberpihakan ke salah satu perusahaan.

"Sekalian saja sama Jeff Bezos (Pendiri Amazon) dan lainnya. Jadi, komplit kan, enggak nanggung," ucap Hadi yang ketika itu mengenakan kaos putih bertuliskan "#Cie Makin Gede" bentuk ulang tahun MatahariMall yang pertama.

MatahariMall berpandangan, dalam membangun dan mengembangkan e-commerce, pemerintah harus bijak dan melindungi e-commerce lokal.

"Saya pikir harus obyektif. Ini kan untuk kemajuan bangsa juga. Pemerintah juga pasti melindungi perusahaan-perusahaan Indonesia juga. Terlebih, Indonesia itu pasar yang 'seksi' di kawasan Asia Tenggara," ucap Head of Partnership & Communication MatahariMall, Regan Dwinanda.

Hadi mengatakan, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, terus berkomunikasi dengan para pelaku e-commerce lokal dalam mencetuskan sebuah regulasi yang berkaitan dengan industri e-commerce Tanah Air. Bahkan, di antara mereka tergabung dalam sebuah grup di WhatsApp, sehingga intens untuk saling berkomunikasi.

"Kita bilang, mereka (pemerintah) untuk mempelajari sesuatu agar pertumbuhan dan akselerasi (industri e-commerce) lebih cepat lagi. Asal pemerintah aware dan melakukan sesuatu, saya rasa semua akan baik-baik saja," tutur Hadi.

Pemerintah telah menunjuk pendiri Alibaba, Jack Ma, sebagai penasihat peta jalan (roadmap) e-commerce yang tengah dirumuskan oleh Indonesia.Pemerintah membentuk Steering Committee (SC) yang terdiri dari 10 menteri terkait. Dalam konteks itu, Jack Ma akan menjadi penasihat di dalamnya.

Pendiri sekaligus Chief Executive Officer Alibaba Group, Jack Ma, menyambut positif permintaan pemerintah Indonesia untuk menjadi penasihat peta jalan (roadmap) e-commerce.

"Alibaba Group telah mengkonfirmasi bahwa Jack Ma menerima tawaran pemerintah Indonesia sebagai penasihat ekonomi dalam urusan e-commerce," bunyi keterangan resmi Alibaba.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP