WHO Perkuat Pedoman Transmisi Seksual pada Virus Zika

Virus Zika dalam foto yang dirilis CDC AS.
Sumber :
  • REUTERS/CDC/Cynthia Goldsmith/Handout via Reuters

VIVA.co.id – Virus zika masih menjadi perhatian utama dunia, terutama oleh World Health Organization (WHO). Kini, WHO memberikan pedoman baru mengenai virus tersebut agar masyarakat menjalani aktivitas seks dengan aman usai berkunjung ke zona virus zika.

750 Juta Nyamuk Buatan Siap Dilepas untuk Lawan DBD dan Virus Zika

Pada Selasa, 6 September 2016 lalu, WHO menuturkan pria dan wanita yang baru saja berkunjung ke area dengan virus zika aktif, harus lebih aman menjalankan aktivitas seksualnya. Bahkan disarankan agar absen menjalani aktivitas seks dalam waktu enam bulan, seperti dilansir dari laman Alarabiya.

Hal tersebut harus dijalankan meski mereka tidak menunjukkan tanda gejala terkait virus zika. Sebab, pedoman ini dicanangkan agar tidak semakin menyebarkan virus tersebut.

COVID-19 di Beberapa Negara Meningkat Akibat Pelonggaran Pembatasan

Pedoman WHO ini telah diubah sesuai rekomendasi terdahulu yang hanya menyarankan hal ini pada kaum pria dan dalam waktu yang lebih singkat yaitu delapan minggu. Karena penyebarannya yang semakin mewabah, akhirnya WHO mengubah pedoman yang telah dibuat tersebut.

Pada dasarnya, sumber transmisi utama virus zika adalah nyamuk aedes aegepty. Meski demikian, kejadian di pegunungan telah menunjukkan bahwa virus zika bisa kemungkinan menyebar melalui transmisi seksual.

Wabah Ebola Serang Afrika, Bagaimana Gejala Penyakitnya

Perhatian utamanya memang tetap terletak pada hubungan antara infeksi virus zika pada janin dalam kandungan yang ditularkan oleh ibu hamil. Di mana, infeksi virus zika sangat berbahaya pada janin karena menyebabkan mikrosefalus dan komplikasi neuro lainnya.

Ilustrasi virus corona COVID-19

Setengah Juta Kematian COVID-19 Omicron, WHO: Ini Tragis

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat sekitar setengah juta kematian COVID-19 terjadi sejak varian Omicron ditemukan.

img_title
VIVA.co.id
10 Februari 2022