Manfaat Air Putih Bagi Penderita Diabetes

Air putih.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Air putih adalah salah satu cairan yang dibutuhkan tubuh manusia. Selain murni, air putih juga tidak mengandung kalori, sodium, lemak, kolesterol atau kafein yang berbahaya bagi tubuh.

Manfaat Luar Biasa Konsumsi Air Putih yang Sering Diabaikan

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi air putih sangat dianjurkan. Selain mencegah dehidrasi, air ternyata juga memiliki manfaat lebih bagi penderita diabetes. Seperti dilansir dari laman boldsky, berikut ini manfaat air putih bagi penderita diabetes.

1. Turunkan kadar gula

Ngeri! Gegara Ogah Minum Air Putih dan Doyan Boba, Wanita Ini Jalani Operasi Angkat 300 Batu Ginjal

Kadar gula dalam tubuh penderita diabetes cenderung tinggi. Oleh karena itu, penting bagi penderita diabetes untuk minum banyak air. Menurut banyak penelitian, air dapat membantu proses tubuh untuk memecah kadar gula dalam darah, sehingga mengontrol konsentrasinya.

2. Mencegah dehidrasi

Ungkap Rahasia Awet Muda, Agnez Mo: Minum Air Putih dan Jangan Julid

Ketika glukosa dan gula darah dalam tubuh meningkat, seketika akan menyerap kadar air dari dalam tubuh. Hal itu menyebabkan penderita diabetes sering dehidrasi. Terlebih lagi, penderita diabetes sering buang air kecil, sehingga kadar air dalam tubuh berkurang drastis. Karena itu konsumsi banyak air mampu mengurangi dehidrasi dalam tubuh.

3. Mencegah infeksi kulit

Penderita diabetes yang mengalami dehidrasi juga akan memicu kondisi kulit yang kering, sehingga mudah menimbulkan luka dan cenderung gatal. Karena itu, tetap jaga tubuh agar tetap terhidrasi untuk menghindari infeksi kulit.

4. Mengatasi kelelahan

Setelah berolahraga, dehidrasi juga mampu memicu kelelahan karena hilangnya kadar air tubuh dalam jumlah banyak. Karena itu konsumsi air yang cukup sangat dibutuhkan bagi tubuh.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya