Headphone Jack, Penghambat Inovasi iPhone 7

Peluncuran iPhone 7 di San Francisco, Amerika Serikat
Sumber :
  • www.reuters.com/Beck Diefenbach

VIVA.co.id – Keputusan Apple menghilangkan headphone jack 3,5 mm memang mendapat respons beragam dari pecinta dan pengamat teknologi.

iPhone 7 'Disiksa' Asam Paling Kuat di Dunia, Hasilnya?

Dalam sebuah wawancara para eksekutif Apple menjelaskan kenapa Apple kukuh menghapus headphone jack meskipun banyak yang menyayangkannya.

Petinggi Apple menilai keberadaan headphone jack menganggu visi dan inovasi pada iPhone 7. Dengan kemampuan iPhone 7 yang tahan air, maka petingi Apple berpandangan, port headphone jack akan merusak konsep proses tahan air perangkat tersebut.

Ubah Nama Jadi 'iPhone 7' demi iPhone Gratis

Dikutip dari 9to5 mac, Kamis 8 September 2016, Wakil Presiden iOS, iPad dan iPhone Apple, Greg Joswiak malah menilai headphone jack merupakan inovasi yang sudah usang, sebab tidak ada perubahan sejak 50 tahun lalu dan untuk itu sudah saatnya diganti dengan inovasi baru.  

"Konektor audio (headphone jack) itu telah berusia lebih dari 100 tahun. Inovasi besar terakhir terjadi pada 50 tahun lalu, yang membuatnya bisa mengecil. Sejak saat itu tak tersentuh lagi. Ini dinosaurus. Nah kini saatnya untuk beralih (berinovasi)" jelas dia.

iPhone 7 Meledak, Mobil Penggunanya Terbakar

Sementara eksekutif yang lainnya, Wakil Presiden Hardware Engineering Apple, Dan Riccio mengatakan, keberadaan headphone jack 3,5 mm yang menjadi lubang udara bisa menghalangi Apple untuk menjalankan inovasi dalam beberapa tahun terakhir.

Riccio mengakui, bagi sebagian orang, headphone jack menghalangi untuk inovasi teknologi kamera baru, prosesor, dan peningkatan kualitas baterai.

Riccio menjelaskan, penghapusan headphone jack itu bisa membantu Apple untuk menghadirkan fitur tahan air dan bisa menambah ruang baterai.

Sementara eksekutif lainnya, Kepala Pemasaran Global Apple, Phil Schiller, menegaskan penghapusan headphone jack tidak ada kaitannya dengan upaya untuk meningkatkan manajemen konten dan tidak ada misi tersembunyi.

"Itu tidak benar. Kami mengeluarkan headphone jack karena kami telah mengembangkan cara yang lebih baik dalam memberikan audio. Jadi ini tak ada hubungannya dengan manajemen konten," tegas Schiller.

Sedangkan Chief Executive Officer (CEO) Apple, Tim Cook membantah Apple tak lagi berinovasi dengan menghapus headphone jack tersebut.

Cook mengatakan segala yang dilakukan Apple, adalah inovasi untuk meningkatkan kehidupan pengguna dan menjadikan nya lebih baik. Cook mengatakan, langkah meningkatkan kamera, optimalisai perangkat lunak dan menaikkan daya tahan baterai merupakan upaya kolektif Apple untuk membuat kemajuan dan inovasi.

"Inovasi membuah segala hal menjadi lebih baik," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya