TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Hapus Headphone Jack di iPhone 7, Apple Panen Sindiran

Apple menegaskan penghapusan headphone jack adalah langkah berani
Hapus Headphone Jack di iPhone 7, Apple Panen Sindiran
Apple iPhone7 dan AirPods. (REUTERS/Beck Diefenbach)

VIVA.co.id – Apple telah meluncurkan seri iPhone 7 semalam. Secara umum iPhone baru tersebut tidak ada bedanya dengan desain seri iPhone 6. Salah satu yang beda dalam iPhone 7 yakni Apple 'membunuh' headphone jack 3.5 mm. Langkah ini terbilang berani, sebab selama ini nyaris semua perangkat mobile masih menggunakan port tersebut.

Setelah menghilangkan headphone jack, Apple kini memberikan tiga alternatif sebagai pengganti headphone jack, yaitu sepasang EarPods, yang kompatibel dengan Lightning, perangkat nirkabel AirPods dan dongle yang tetap bisa menghubungkan dengan seri iPhone 7.

Terkait dengan hal tersebut, Apple mengakui keputusan memutuskan menghapus headphone jack tergolong langkah yang sudah dipikirkan secara matang.

"Alasan menghilangkan itu adalah, berani. Keberanian untuk melanjutkan dan melakukan sesuatu yang baru untuk kita semua menjadi lebih baik," ujar Kepala Pemasaran Global Apple, Phil Schiller dalam penjelasannya di peluncuran iPhone terbaru tersebut, Rabu, 7 September 2016.

Dia menjelaskan, dengan mengenalkan alternatif AirPods maka, kata Schiller, Apple sedang memulai tren baru dalam dunia teknologi.

"Kami baru saja pada awal dari masa depan nirkabel yang sebenarnya, yang mana teknologi bisa mulus dan koneksi otomatis kepada Anda dan perangkat Anda. Ini adalah rancangan terobosan untuk menyediakan pengalaman ajaib Apple," ujar Schiller dikutip dari Computer World.

Namun beberapa pencinta teknologi merespons keberanian Apple itu dengan sindiran. Beberapa pengguna Twitter menyindir langkah 'berani' Apple tersebut.

"Kita menuju dari standar terbuka menjadi tertutup, kepemilihan dan kompetitor yang mahal, karena keberanian," tulis akun @benwerd.

Pengguna lin juga menyindir lengkah 'berani' Apple dengan mengunggah gambar meme. AKun Twitter @jasonlong mengunggah meme, iPad yang mana lubang headphone jack disumpali dengan sebuah pensil.

Sedangkan pengguna lain, @colinlecher merespons penghapusan headphone jack dengan perumpamaan lainnya.

"Kenapa kita berkonspirasi meningkatkan harga ebook? Itu karena satu kata: keberanian," tulis akun tersebut.

Meski beberapa pengguna menyebutkan keputusan menghapus headphone jack sebagai langkah blunder, tapi ada yang menilai langkah berani Apple mengindikasikan budaya perusahaan yang logis dan ramah dengan konsumen serta sesuai dengan visi dari petinggi Apple.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP