TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

VIDEO: iPhone 7 Meluncur, Ini Spesifikasinya

Apple menghilangkan headphone jack dan menghadirkan sistem dua kamera.
VIDEO: iPhone 7 Meluncur, Ini Spesifikasinya
iPhone 7 dengan Air Pods (www.reuters.com/Beck Diefenbeach)

VIVA.co.id – Apple akhirnya meluncurkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus sesuai rumor yang belakangan santer berhembus.

Secara umum desain seri iPhone 7 sangat mirip dengan iPhone 6s. Bedanya iPhone 7 hadir dengan penambahan fitur yaitu tahan air dan sistem dua kamera, mematikan headphone audio jack, speaker stereo dan warna baru yang lebih segar.

Dikutip dari The Verge, Kamis, 8 September 2016, iPhone baru datang dengan peningkatan kamera. Pada iPhone 7, kameranya ditingkatkan dengan optical image stabilization dan lensa lebih cerah f/1.8 yang memungkinkan 50 persen lebih cerah dari lensa f/2.2 iPhone 6s.  

Apple mengatakan, sensor kamera 12 megapiksel sama resolusinya dengan iPhone sebelumnya. Meski sama, tapi iPhone 7 punya keunggulan yaitu  60 persen lebih cepat dan 30 persen lebih efisien,

Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple, Phil Schiller mengatakan, berkat chip prosesor baru dan quad-LED flash, kamera iPhone 7 bisa memproduksi lebih dari 50 persen cahaya.

Dia memberikan kredit mesin pengolahan baru pada iPhone 7 yang memanfaatkan mesin pembelajaran dan kinerja superkomputer.

Kamera depan iPhone 7 hadir dengan 7 megapiksel dengan stabilisasi gambar otomatis sehingga memungkinkan swafoto dan perekaman video yang lebih baik.

Salah satu yang paling kentara dalam upgrade iPhone baru ini yaitu pada sistem kamera ganda pada iPhone 7 Plus.

Apple mengatakan, sistem kamera ganda ini memberikan optical zoom dua kali lipat tanpa mengorbankan kualitas gambar. Satu lensa setara dengan kamera standar iPhone, yaitu 28 mm dan lensa satunya setara dengan lensa 60 mm.

Apple memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk bereksplorasi pada sistem kamera ganda tersebut. Hanya dengan mengetuk satu atau dua kali pada aplikasi kamera, maka kamera akan berpindah secara otomatis.

Bicara soal layar, seri iPhone 7 makin cerah 25 persen berkat manajeman warna yang telah ditingkatkan. Dalam peluncuran kali ini, Apple tidak meningkatkan resolusi gambar dari layar, masih sama dengan model iPhone sebelumnya.

Selanjutnya, Apple memang 'membunuh' headphone jack 3,5 mm. Sebagai gantinya, Apple mengembangkan speaker kedua yang memberikan pengalaman suara stereo. Selain itu Apple juga mengembangkan EarPods dengan konektor Lighting .

Untuk memudahkan pengguna tanpa headphone jack, Apple menghadirkan headphone nirkabel yang dinamakan AirPods, yang dirancang bekerja dengan iPhone 7. Fitur baru ini punya sensor yang mendeteksi saat berada di kuping pengguna dan punya akselerometer gerakan untuk mengaktifkan asisten suara, Siri.

Bicara soal dapur pacu, iPhone 7 hadir dengan prosesor A10 Fusion baru yang dikatakan 40 persen lebih cepat dibanding chip pada iPhone 6. Dipadu dengan chip grafis terbaru, maka performanya 50 persen lebih cepat dibanding chip prosesor A9.

Kemudian soal ketahanan daya perangkat, Apple percaya diri dengan mengatakan iPhone 7 punya daya tahan baterai yang terlama pada rangkaian iPhone.

Sebagai gambaran, daya tahan baterai iPhone 7 dua jam lebih lama dibanding pada iPhone 6s sedangkan daya tahan iPhone 7 Plus unggul sejam lebih lama dari iPhone 6s Plus.

Soal penyimpanan, iPhone 7 tersedia mulai dari versi 32 GB dengan harga US$649, veri 256 GB dengan harga US$849.

Sedangkan untuk iPhone 7 Plus, harganya lebih mahal dibanding iPhone 6 Plus. iPhone 7 Plus tersedia dalam versi 32 GB dengan harga US$769 daan 256 Gb dengan harga US$969.

Soal ketersediaan, Apple akan membuka pembelian pada 16 September. Untuk pemesanan bisa dilakukan mulai 9 september.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP