TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Siap-siap, Internet Bakal Makin Kencang

Google telah mengaktifkan kabel bawah laut.
Siap-siap, Internet Bakal Makin Kencang
Logo baru Google (Blog Google)

VIVA.co.id – Layanan internet di Asia khususnya kawasan tenggara bakal lebih ngebut dibanding sebelumnya. Sebab Google telah mengaktifkan kabel bawah laut yang akan meningkatkan kecepatan layanan internet di Asia.

Kael bawah laut tersebut merupakan salah satu kabel serat optik tercepat di dunia yang dikembangkan oleh FASTER Consortium.

Dikutip dari Tech Crunch, Rabu 7 September 2016, kabel bawah laut yang diaktifkan tersebut menghubungkan fasilitas Google di Taiwan dan Jepang. Fasilitas Google di kedua negara itu disebutkan terhubung dengan Amerika Serikat secara langsung. Google mengatakan kabel Jepang-Taiwan mendukung kecepatan internet sampai 26 TB per detik.

"Anda mungkin tidak begitu merasakannya, tapi kabel baru itu akan membantu produk Google dan proses loading layanan bakal lebih cepat di kawasan ini," kata Google dalam keterangannnya di blog perusahaan.

Selain itu, perusahaan internet dunia itu mengatakan, kabel baru akan meningkatkan keandalan dan pengalaman internet cepat yang konsisten.

"Kabel tersebut dibangun pada secara strategis di luar zona tsunami, gunanya untuk membantu mencegah gangguan jaringan akibat bencana alam," kata Google.

Google meningkatkan kecepatan internet di wilayah Asia, sebab area ini terlihat punya pertumbuhan koneksi internet yang tinggi. Dalam laporan terbaru yang ditulis oleh perusahaan Singapura, Temasek, Google mengatakan, setidaknya 3,8 juta orang mengakses internet untuk pertama kalinya tiap bulan di Asia Tenggara. Angka tersebut belum termasuk penetrasi internet di India dan lokasi lainnya.

Upaya Google untuk meningkatkan kecepatan internet di Asia sudah dilakukan pada tahun lalu. Pada 2015, perusahaan internet ini sudah menghabiskan dana lebih dari US$1 miliar untuk membangun dan menempatkan karyawannya di dua data center di Asia.

"Dengan makin banyak orang yang online setiap hari di Asia lebih tinggi dibandingkan dengan tempat lain di dunia. Kami telah bekerja keras untuk berinvestasi pada infrastruktur yang diperlukan untuk membuat internet bekerja untuk kita semua di wilayah ini," ujar Google.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP