TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Asus Zenfone 3 untuk Tantang Oppo F1 Plus

Zenfone 3 diklaim lebih baik dari Samsung A7.
Asus Zenfone 3 untuk Tantang Oppo F1 Plus
Asus Zenfone 3 (VIVA.co.id/Siti Sarifah Alia)

VIVA.co.id – Zenfone 3 disebut telah menjadi sensasi global saat pertama kali dipamerkan di Computex 2016. Kini Indonesia kebagian pasar Zenfone 3 setelah sebelumnya diluncurkan di India beberapa waktu lalu.

Menurut Chief Executive Officer (CEO) Asus, Jerry Shen, Zenfone 3 memiliki fitur yang tidak didapatkan pada smartphone lainnya yang ada di pasar Indonesia, baik Samsung A7 maupun Oppo F1 Plus. Kedua smartphone itu diklaim sebagai ponsel fotografi yang mumpuni.

"Zenfone 3 mempunyai bezel yang sangat tipis, bisa dibilang sebagai smartphone tertipis dan paling padat bentuknya. Bagian depan dan belakangnya dibalut lapisan kaca, yang mendukung kontur sudut 2,5 D yang merekat di bodi metal. Untuk performa kamera yang dilengkapi 20 mode dalam Pixel Master 3.0, baik Samsung A7 maupun Oppo F1 Plus, tidak bisa menandinginya. Bahkan harga Zenfone 3 jauh lebih terjangkau," ujar Shen dalam peluncuran produk terbaru Asus di Nusa Dua, Bali, Rabu, 7 September 2016.

Shen mengatakan, harga Zenfone 3 di pasar Indonesia dilepas Rp5 jutaan, dengan spesifikasi RAM 4GB, ROM 64GB serta ukuran layar 5,5 inci. Sedangkan untuk RAM 3GB, ROM 32GB dan ukuran layar 5,2 inci, dibanderol Rp4 jutaan. Memang lebih murah ketimbang Samsung A7 yang seharga Rp6 juta dan Oppo F1 Plus yang dibanderol Rp5 juta.

Untuk urusan kamera dan selfie, Zenfone 3 dilengkapi dengan resolusi 16 MP, lensa Sony Exmor RS IMX298. f/2.0, laser/phase detection AF, OIS 4 axis. Untuk penerangan saat kondisi kurang cahaya, ada bantuan dual-LED flash.

Di dalam kamera itu juga dilengkapi  touch focus, face detection, 20 mode kamera seperti panorama dan HDR. Kamera depan dilengkapi resolusi 8MP.

Zenfone 3 juga menggunakan sistem TriTech auto-focus yang mengombinasikan software eksklusif dengan tiga teknik fokus independen. Ketiganya adalah pendeteksi kontras untuk continous focus, laser auto-focus generasi kedua dengan jarak hingga 1,5 meter, dan juga phase detection. Jika dikombinasikan, ketiga teknologi fokus ini akan menjadikan auto focus mencapai 0,03 detik dalam kondisi apapun.

Asus Zenfone 3 diklaim yang pertama mengadopsi prosesor octa-core Qualcomm Snapdragon 625, yang kabarnya diproduksi dengan teknologi proses FinFET 14 nanometer.

"Prosesor baru ini punya efisiensi energi hingga 35 persen lebih tinggi. Artinya, selain performa, daya tahan baterai juga jauh lebih panjang," jelasnya.

Untuk performa saat menyelami dunia maya, Zenfone 3 dibantu dengan modem Qualcomm Snapdragon X9 LTE yang terintegrasi, dan juga konektivitas Multi User-Multiple Input Multiple Output berbasis Wifi 802.11ac. Secara teoretis, interkoneksi WIFi ini mampu menawarkan kecepatan transfer hingga 7 Gbps atau 900 Mbps.

Grafis Adreno 506 yang dibenamkan membuat Zenfone 3 memiliki performa setara grafis PC, dikombinasi RAM 3GB atau 4GB.

"Untuk pengamanan berbasis sidik jari, yang terdapat di bagian belakang smartphone, mampu membuka kunci Zenfone 3 hanya dalam waktu 0,22 detik,” kata dia.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP