TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Asus Mulai Gempur Pasar Premium di Indonesia

Asus luncurkan smartphone segmen high-end.
Asus Mulai Gempur Pasar Premium di Indonesia
Asus luncurkan rangkaian produknya di Bali (VIVA.co.id/Siti Sarifah Alia)

VIVA.co.id –  Vendor perangkat asal Taiwan, Asus, kembali memperkenalkan jajaran produk terbarunya yang akan dipasarkan di Indonesia. Selain smartphone berupa Asus Zenfone 3, ada juga laptop Zenbook 3 dan laptop game Transformer 3.

Yang menarik, dalam peluncuran kali ini, Asus memamerkan smartphone Zenfone untuk pasar premium. Ini merupakan kali pertama Asus berani terang-terangan ingin mengambil pangsa pasar Apple dan iPhone.

"Pasar smartphone di Indonesia ada 30 jutaan. Masyarakat di sini tidak hanya tertarik membeli smartphone murah, ada juga yang mau bayar mahal. Melihat tren itu, kami coba ingin meraih semua segmen pasar, mulai dari low sampai high. Sama seperti yang kami lakukan untuk pasar notebook, ada seri EEE, Zenbook sampai Transformer," ujar Asus Country Product Group Leader Indonesia, Juliana Chen, dalam peluncuran produk terbaru Asus di Nusa Dua, Bali, Rabu, 7 September 2016.

Langkah Asus untuk bisa mengambil pangsa iPhone premium cukup bisa ditebak, terutama karena mereka meluncurkan smartphone baru pada hari yang sama dengan peluncuran iPhone baru secara global, yang dijadwalkan hari ini juga di San Fransisco, Amerika Serikat.

Juliana memaparkan, pasar smartphone Asus di Indonesia cukup naik pesat sejak dimulainya generasi Zenfone. Tahun lalu saja, tercatat ada 4,7 juta unit Zenfone terjual di Tanah Air.

"Tahun ini target kami menguasai sekitar 20 persen pangsa pasar dengan total penjualan 6 juta unit Zenfone. Tahun lalu, pasar kami 16 persen. Jadi kami harap bisa naik lagi," kata Juli.

Sayangnya, meski mengeluarkan banyak varian, Juliana enggan memperkirakan persentase kontribusi dari masing-masing model smartphone. Hanya saja, salah satu yang diunggulkan dari semua varian yang ada adalah Zenfone 3, yang menyasar untuk segmen menengah.

"Zenfone 3 diunggulin karena dia segmen dan harganya ada di tengah tengah. Indonesia pasarnya banyak, jadi kita pikir mengapa enggak kita lengkapin semua sehingga kita punya produk untuk semua segmen," katanya.

Data riset Gfk menunjukkan, hingga kuartal pertama 2016, Asus diklaim meraih posisi sebagai Top Brand nomor 2 di Indonesia dengan pangsa pasar 10,4 persen.

Hari ini, varian Zenfone 3 yang diluncurkan di antaranya, Zenfone 3, Ultra, Max, Deluxe, dan Zenfone Go yang kapasitasnya ditingkatkan dari sebelumnya. Untuk segmen premium ditawarkan pada Zenfone Deluxe dan Ultra dengan harga sekitar Rp9 juta sampai Rp11 juta-an.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP