TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Lima Smartphone Ini Penjualannya Naik di Q2 2016

Empat di antaranya adalah smartphone buatan China
Lima Smartphone Ini Penjualannya Naik di Q2 2016
Smartphone. (U-Report)

VIVA.co.id – Perusahaan riset Gartner menemukan ada lima, dari 10 vendor smartphone, yang berhasil menaikkan angka penjualannya di kuartal kedua tahun ini. Empat di antaranya adalah smartphone buatan China.

Laporan Gartner, dikutip dari Cellular News, menyebut ada total 344 juta unit smartphone yang terjual di kuartal dua tahun 2016 ini. Angka ini menunjukkan peningkatan 4,3 persen dibanding kuartal yang sama tahun lalu

Masih dalam laporan tersebut, diketahui jika secara keseluruhan, penjualan ponsel hanya naik 0,5 persen tiap bulan tahun ini. Dari jumlah itu, hanya lima vendor yang menunjukkan tanda-tanda kenaikan pada penjualannya. Selain empat vendor asal China, yakni Huawei, Oppo, Xiaomi dan BBK Communication Equipment, ada juga Samsung buatan Korea Selatan.

"Permintaan akan smartphone premium mulai melambat di kuartal kedua tahun ini. Konsumen lebih memilih menunggu unit yang baru yang akan diluncurkan di paruh kedua tahun 2016. Seiring dengan itu, penjualan ponsel fitur menurun sekitar 14 persen. Penurunan tersebut cukup mempengaruhi seluruh penjualan ponsel mobile di kuartal ini," ujar Direktur Peneliti di Gartner, Anshul Gupta.

Dari data yang mereka miliki, terlihat adanya penurunan jumlah permintaan smartphone sekitar 4,9 persen di seluruh pasar negara yang sudah matang, kecuali Jepang. Kebalikannya, di pasar negara berkembang, kecuali Amerika Latin, permintaan akan smartphone meningkat sekitar 9,9 persen.

Kuartal ini sepertinya menjadi milik Samsung. Vendor asal Korea Selatan itu memiliki pangsa pasar hampir 10 persen lebih besar dari Apple. Hal ini dikarenakan lini produknya, Galaxy A dan Galaxy J cukup kuat bersaing dengan smartphone keluaran vendor China. Kedua seri smartphone itu telah membantu Samsung memenangkan kembali pasar di negara berkembang. 

Sedangkan Apple harus puas dengan penurunan pangsa pasar sampai 7,7 persen. Penurunan terbesar pangsa Apple ada di pasar Amerika Utara dan Eropa Barat. Di China dan wilayah Asia Pasifik, pangsa pasar Apple turun sampai 26 persen. Namun penjualan mereka masih terlihat bagus di beberapa wilayah seperti Eurasia, Afrika Sub Sahara, dan Eropa Timur, dengan peningkatan penjualan sampai 95 persen yoy.

Di antara lima smartphone yang disebutkan di atas, Oppo ternyata memiliki pertumbuhan yang cukup besar, sampai 129 persen. Kabarnya, ini dikarenakan penjualan Oppo R9 di China dan negara lainnya.

"Fitur seperti kamera anti-shake sangat dibutuhkan untuk selfie. Demikian juga dengan beberapa teknologi yang dibenamkan di smartphone Oppo lainnya, mampu membuat vendor asal China itu meraih pasar dan meningkatkan penjualan di tengah industri smartphone yang makin kompetitif itu," ujar Gupta.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP