Korlantas Polri Luncurkan Aplikasi Mudik Online

Aplikasi Mudik Online Korlantas Polri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id – Korlantas Mabes Polri meluncurkan aplikasi Mudik Online bernama Mudik Online Aman dan Nyaman (MOAN). Aplikasi ini diluncurkan menjelang Idul Adha, saat arus lalu lintas dipadati oleh pemudik yang ingin merayakan di kampung halamannya pekan depan.

Didukung Lebih dari 30 Negara, Idul Fitri-Idul Adha Kini Diakui UNESCO sebagai Hari Besar Keagamaan

"Aplikasi MOAN bisa di-download di Android. Intinya ini juga tindak lanjut dari arus mudik kemarin," kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Senin, 5 September 2016.

Menurutnya, dalam aplikasi tersebut, pengguna dapat mendaftarkan dirinya dalam database Korlantas Polri. Pendaftaran tersebut agar Korlantas dapat mendata pengguna jalan berdasarkan tujuan dan jenis transportasi yang digunakan. Kepolisian pun dapat memberikan arahan dan informasi bagi pengguna jika ada pengalihan maupun rekayasa arus lalu lintas.

Jumlah Pemudik Lebaran Tahun Ini Diprediksi Naik jadi 136,7 Juta Orang

"Nanti bisa masukkan nama, tujuan dan jenis transportasi yang digunakan. Dengan didata oleh polisi maka bisa berikan informasi melalui aplikasi tersebut. Jadi kita bisa tahu mayoritas tujuan ke mana sehingga kita bisa petakan potensi kepadatan di wilayah tertentu," ujar Agung.

Aplikas MOAN ini nantinya akan terus dikembangkan juga untuk musim mudik Lebaran tahun depan. Menurut Kakorlantas, nantinya pengembangan aplikasi Moan ini akan seperti aplikasi Waze. Namun bedanyakepadatan sampai 10 kilometer di depan jalan yang akan dilalui bisa dipetakan.

Heboh, Gerakan Sholat Paspampres saat Mengamankan Jokowi
Kegiatan Bulan Puasa Ramadan di Mesjid Istiqlal Jakarta

8 Waktu yang Diharamkan untuk Berpuasa Menurut Ajaran Islam

Puasa memiliki arti menahan diri dari hal buruk seperti lapar, haus, syahwat, dan sebagainya dari subuh hingga magrib. Itu adalah puasa wajib dengan waktu sebulan penuh.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024