TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Begini Uniknya Kutub Utara Jupiter

Kutub utara Jupiter punya keunikan khusus dibanding kutub lainnya
Begini Uniknya Kutub Utara Jupiter
Kutub Utara Jupiter (www.nasa.gov)

VIVA.co.id – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis foto terkini wajah Planet Jupiter secara lebih detail. Pesawat NASA yang mengorbit Jupiter, Juno, telah terbang melintasi orbit planet raksasa itu pada 27 Agustus 2016 dan beberapa hari kemudian mengirimkan gambar kutub utara Planet Jupiter.

Gambar yang dikirim Juno itu merupakan gambar pertama yang kutub utara Jupiter.

Dalam keterangannya di website NASA mengatakan gambar tersebut menunjukkan adanya sistem badai dan aktivitas cuaca yang belum pernah dilihat sebelumnya di planet-planet gas rakasa di Tata Surya.

"Gambar sekilas pertama kutub utara dan kami belum pernah melihat atau memotret sebelumnya. Kutub Utara warnanya lebih biru dibanding bagian lain dari Jupiter, dan ada banyak badai," jelas Scot Bolton, peneliti utama Juno dari Southwest Research Institute di San Antonio, Amerika Serikat.

Bolton mengatakan, kondisi kutub Jupiter berbeda dengan kutub Saturnus. Dia mengatakan pada Saturnus, punya segi enam pada kutub utaranya. Sementara pada Jupiter, tidak menyerupai segi enam.

"Planet terbesar di Tata Surya kita benar-benar unik. Kami punya 36 terbang melintas untuk mempelajari betapa uniknya Jupiter itu," jelas dia.

Bolton mengatakan, selain itu dari gambar yang dikirim ke Bumi, peneliti NASA tak menemukan adanya jalur lintang.

Sementara untuk gambar dan kondisi kutub selatan, instrumen yang dimiliki Juno, yaitu JunoCam, tak mampu memotretnya. Pesawat Juno telah diluncurkan ke Jupiter pada 5 Agustus 2011 dari Cape Canaveral, Florida, AS dan tiba di Jupiter pada 4 Juli 2016.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP