TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Mengejutkan, Ikan Lele Makan Tikus

Fenomena itu disebut pertama kali terjadi.
Mengejutkan, Ikan Lele Makan Tikus
Lele makan tikus di Australia (www.australiangeographic.com.au/Murdoch University)

VIVA.co.id – Tim peneliti dari Murdoch University, Australia menemukan isi perut ikan lele (lesser salmon catfish) dari Sungai Ashburton penuh dengan tikus. Penemuan ini mengejutkan para ilmuwan, sebab ini menjadi kasus pertama kalinya, ikan lele memakan mamalia.

Dilansir Australian Geographic, Rabu 31 Agustus 2016, tikus yang dimakan ikan lele tersebut jenis tikus Spinifex dengan nama spesiesnya Notomys alexis. Salah seorang peneliti, David Morgan mengatakan, mereka melakukan pembedahan terhadap 18 ekor lele.

"Itu cukup mengejutkan, sekitar setengah (dari lele yang dibedah) memiliki setidaknya satu tikus di perut mereka, dan dua dari mereka (18 ekor) memiliki tiga ekor tikus. Secara keseluruhan, 95 persen dari isi perut lele adalah tikus Spinifex,” ujar Morgan.

Morgan menceritakan, awal mula mereka tertarik meneliti ikan lele di sungai Australia itu dikarenakan perbedaan ukuran tubuh dengan lele di sungai lainnya. Ukuran tubuh lele di Sungai Ashburton lebih besar, yakni panjang 75 sentimeter dan lebar 50 sentimeter.

"Beberapa lele yang memiliki perut yang benar-benar buncit dan kami ingin tahu apa yang ada di sana,” kata Morgan.

Populasi tikus ‘meledak’

Ikan lele diketahui mengkonsumsi jenis hewan krustasea, buah, serangga dan tanaman, tapi sebelum terjawab, peneliti pun bingung entah bagaimana lele-lele itu mendapatkan tikus.

Setelah ditelusuri, ternyata tikus Spinifex ditemukan di seluruh zona kering Australia tengah dan barat. Tikus Spinifex mengalami ‘booming’ populasi yang dramatis setelah musim hujan.

Kemudian mereka membangun sarang di tepi sungai, namun sayangnya tikus-tikus terpaksa menjadi makanan mangsanya, yakni ikan lele.

Tapi, peneliti juga menyimpulkan kemungkinan lainnya, yaitu terkait dengan kesamaan aktivitas kedua hewan itu. Ikan lele dan tikus merupakan hewan nokturnal, atau hewan malam, jadi kesempatan besar bagi lele memburu tikus di tepi sungai.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP