TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Terungkap, Fosil Reptil Terbang Berusia 200 Juta Tahun

Temuan itu bantu ungkap evolusi reptil terbang di masa lalu.
Terungkap, Fosil Reptil Terbang Berusia 200 Juta Tahun
Ilustrasi Ptesaurus (www.dailymail.co.uk/Peer J)

VIVA.co.id – Ilmuwan menemukan fosil hewan Ptesaurus, hewan ini merupakan jenis reptil terbang diperkirakan hidup pada era Mesozoic. Dilansir Dailymail, Rabu, 31 Agustus 2016, fosil Ptesaurus yang ditemukan di utara pusat Provinsi Chubut, Patagonia, Argentina, merupakan yang pertama kalinya.

Ilmuwan mengatakan, Ptesaurus diperkirakan berusia 200 juta tahun. Peneliti pun memberi nama spesies reptil terbang itu Allkauren koi. "Studi (penemuan) ini memberikan informasi baru tentang asal-usul dan jenis evolusi dalam kelompok reptil terbang,” ujar salah satu peneliti, Diego Pol.

Peneliti mengungkapkan, sesuatu yang istimewa dari penemuan terbaru ini adalah tidak ada kecacatan sedikit pun pada rangka otak Allkauren koi. Tempurung otak dalam keadaan utuh ini sangat memungkinkan bagi ilmuwan untuk meneliti anatomi otak si reptil terbang tersebut.

Untuk meneliti anatomi tengkorak, peneliti menggunakan tomografi komputer untuk mengamati, serta bagian rongga tengkorak dan telinga bagian dalam tiga dimensi.

Menurut peneliti, Allkauren koi memiliki adaptasi yang luar biasa untuk terbang, termasuk tulang pneumatik untuk meringankan berat, dan jari yang memanjang mendukung sayap.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP