Infrastruktur Telekomunikasi

Ujicoba Kualitas Jaringan XL Jawa-Madura

VIVAnews - PT Excelcomindo Pratama (XL) baru saja melakukan uji kesiapan jaringan (drive test) di berbagai daerah di Indonesia. Uji sinyal dilakukan mulai 6-8 Agustus 2009 di sepanjang jalur Lampung hingga Madura dengan melintasi sepanjang Pantai Utara Jawa (Pantura), Sumatera (Batam), Kalimantan (Balikpapan), Sulawesi (Ujung Pandang), Bali (Gilimanuk – Denpasar – Padangbai), dan Lombok (Lembar – Mataram).

Di sepanjang Pantai Utara Jawa (Pantura), XL melakukan uji jaringan di antaranya di Eretan - Cirebon - Semarang - Demak - Kudus - Lamongan - Surabaya. Kemudian pengujian dilanjutkan ke Madura, termasuk Sampang - Pamekasan - Sumenep.

Pada uji sinyal ini, XL melakukannya secara mobile, yaitu dengan menumpang kendaraan yang bergerak. Dengan menggunakan peralatan dan metode standar dan diakui secara regulasi, pengukuran dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kualitas sinyal di sepanjang daerah dan jalur yang dilalui.

Pengukuran kualitas dilakukan pada layanan 2G dan 3G, mulai dari voice call, video call, SMS (Short Message Service), dan data (internet dan BlackBerry).

Dari hasil uji kesiapan jaringan di Jalur Pantura, Hermansyah, Vice President Network Planning Enginering XL menuturkan jaringan XL sudah siap mengantisipasi lonjakan trafik pada masa Ramadhan dan mudik Lebaran. Hal itu diindikasian dengan warna hijau pada layar monitoring di sepanjang Jalur Pantura, yang berarti sinyal XL cukup kuat di jalur tersebut.

“Walaupun ada titik cokelat (sinyal lemah) dan titik merah (blank spot), itu sangat jarang sekali, nyaris tidak terlihat,” kata Hermansyah.

Lebih lanjut, dia mengatakan, XL akan mengantisipasi beberapa wilayah yang sekiranya akan padat trafik dengan mengoptimalkan BTS overlay 900/1800. “Dengan dua band pada satu BTS, coverage akan cenderung lebih stabil dan kualitas sinyal lebih baik,” ucapnya.

Sekilas dari hasil uji jaringan tersebut, diketahui success rate XL mencapai 99,25 persen, dropped call 0,27 persen, dan handover success 97,34 persen. Sementara dari 512 call attempt, dilaporkan gagal 8 panggilan, dan dropped call 13 panggilan.

“Khusus Madura, hasilnya cukup baik, terutama jangkauan kita di daerah-daerah berpenduduk. Kecuali di daerah tengah Pulau, daerah dataran tinggi, yang masih jarang ada penduduknya,” kata Hermansyah.

Di Madura, dia memprediksi, trafik selular XL akan meningkat trafiknya sebesar 20-30 persen pada H-1 dan hari H Lebaran tahun ini.

Seperti disiarkan VIVAnews sebelumnya, PT Excelcomindo Pratama (XL) mengaku akan menambah kapasitas jaringan dua kali lipat untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada Bulan Ramadhan dan Lebaran tahun ini.

Saat ini, XL sehari-hari melayani trafik percakapan hingga 635 juta call dengan total menit sebesar 560 juta menit. Sementara untuk trafik SMS adalah 150 juta SMS, dan trafik data sebesar 1,45 terabytes. Dan, diperkirakan sepanjang Ramadhan dan Lebaran tahun ini akan terjadi lonjakan trafik hingga dua kali lipat.

David Da Silva Hattrick, Persib Bandung Benamkan Persebaya Surabaya
Konser TVXQ di Jakarta

Bikin Kagum, TVXQ Ucapkan Selamat Lebaran Bagi Penggemarnya di Indonesia

TVXQ ucapkan selamat lebaran bagi penggemarnya di Indonesia. Teriakan penggemar terdengar histeris

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024