VIDEO: Awan Jamur Raksasa Mengerikan Dikira Ledakan Nuklir

Awan raksasa berbentuk jamur di Rusia
Sumber :
  • www.metro.co.uk

VIVA.co.id – Munculnya awan berbentuk jamur raksasa di langit Rusia membuat gempar warga setempat. Warga resah karena banyak yang menduga awalnya kemunculan awan disebabkan ledakan nuklir. Bahkan ada yang menduga telah terjadi ledakan di sebuah tambang batubara di dekat wilayah Kuzbass.
 
Karena kekhawatiran itu, warga pun segera memanggil layanan darurat.
 
Setelah diselidiki, seperti diberitakan Metro, Selasa 30 Agustus 2016, awan berbentuk jamur raksasa itu merupakan fenomena normal, muncul karena badai kuat yang terjadi di dekat Kemerovo, Siberia barat.
 
Setelah diidentifikasi, awan jamur rakasasa ternyata adalah awan cumulonimbus, yaitu awan yang terbentuk ketika badai mencapai atmosfer tingkat tertinggi. Fenomena ini menyebabkan bagian atas awan  ditiup ke samping.
 
Meski telah diketahui penyebabnya, masih banyak orang tetap takut awan jamur rakasasa memang akibat ledakan nuklir. Namun demikian, ada sebagian warga yang menikmati munculnya awan tersebut.

5 Fakta Puting Beliung yang Bikin Bergidik, Bisa Sebabkan Ini
Ilustrasi Gerhana Bulan Penumbra.

Gerhana Bulan Penumbra Siap Menyapa Malam Ini, Catat Jam dan Lokasinya

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memaparkan jika Gerhana Bulan Penumbra siap menyapa warga Bumi pada Senin malam ini, 25 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024