Mastel Nilai 'Kisruh' Interkoneksi Hal Wajar

Ilustrasi BTS
Sumber :
  • VIVAnews

VIVA.co.id – Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel), Kristiono, menyatakan perubahan interkoneksi bukanlah sesuatu bahan yang harus dijadikan polemik. Menurut dia, interkoneksi merupakan merupakan proses reguler yang sebenarnya dilakukan penyesuaian setiap tahunnya.

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

"Bukan kali ini saja loh soal interkoneksi ini dilakukan perubahan. Interkoneksi itu setiap tiga tahun dilakukan perubahan dan tidak pernah ada polemik," ujar Kristiono di sela konferensi pers ICT Summit 2016 di Jakarta International Expo, Jakarta Utara, Senin 29 Agustus 2016.

Kristiono menjabarkan alasan penyesuaian interkoneksi diperlukan. Bagi dia, faktor dari interkoneksi itu ada beberapa hal, termasuk dari luasnya cakupan operator. Kemudian, kaitannya dengan kebijakan pemerintah yang punya arah tertentu. "Sehingga dia (interkoneksi) selalu dilakukan adjusment (penyesuaian) setiap tahun," katanya.

Misi Pemerintah Lewat Transformasi Digital Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di 2024

Untuk itu, Kristiono menyarankan, dengan formula yang ada sekarang, sebetulnya data yang diperlukan untuk interkoneksi sudah jelas. Dia mengatakan, seharusnya ada mekanisme resolusi untuk menyelesaikan perbedaan-perbedaan.

"Begini, perbedaan itu selalu ada ya, wajar. Karena setiap operator punya kepentingan masing-masing dan tujuan masing-masing. Nah, pemerintah ini kan harusnya menjadi jembatan masing-masing operator dan disepakati yang menguntungkan semuanya," tegas Kristiono. (ren)

Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah
Ilustrasi tagian listrik PLN membengkak.

Tarif Listrik April-Juni 2024 Diputuskan Tidak Naik

Kebijakan tidak menaikan tarif listrik pada April-Juni 2024 merupakan upaya pemerintah dalam menjaga daya beli masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024