TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Demi Misi Mars, NASA 'Kurung' Manusia Selama Setahun

Selama setahun, akses udara dan makanan segar dan komunikasi dibatasi
Demi Misi Mars, NASA 'Kurung' Manusia Selama Setahun
Misi isolasi selama setahun di Hawaii, AS. Misi dilakukan sejak 29 Agustus 2015 dan berakhir setahun setelahnya. (Twitter/@dwnews)

VIVA.co.id – Upaya Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dalam menjalankan misi berawak ke Mars terus berlangsung. Teranyar, badan antariksa itu 'mengurung’ sebuah kelompok relawan untuk tinggal di sebuah kubah selama setahun. Dalam simulasi kondisi Mars itu, kubah tersebut tanpa udara segar, makanan segar hingga dibatasi kehidupan privasi relawan. Keenam relawan itu adalah Carmel Johnston, Christiane Heinicke, Sheyna E. Gifford, Andrzej Stewart, Cyprien Verseux dan Tristan Bassingthwaighte

Dilansir USA Today, Senin, 29 Agustus 2016, keenam relawan tersebut diisolasi dalam kubah di Mauna Loa, Hawaii, Amerika Serikat. Misi isolasi ini merupakan bagian dari program Hawaii Space Exploration Analog and Simulation (HI-SEAS). Dengan simulasi itu, NASA dapat mengetahui dampak tubuh manusia saat sedang menjalankan misi yang sesungguhnya nanti.

Kelompok yang terdiri dari enam orang dengan berbeda-beda latar belakangnya, mulai dari seorang astrobiologi asal Prancis, fisikawan dari Jerman, dan empat orang asal Amerika Serikat (pilot, arsitek, ilmuwan tanah, dan wartawan).

Dalam simulasi tersebut, keenam orang ini benar-benar harus menjalankan seperti orang yang tengah menjelajah Mars. Meski ke luar kubah, tapi mereka harus berpakaian lengkap ala astronot. Jam keluar mereka dibatasi, yaitu antara pukul 09.00 pagi waktu setempat.

Tak hanya pasokan makanan yang terbatas, kehidupan privasi mereka akan dibatasi. Mereka dibatasi kontak dengan teman, keluarga, dan dunia luar lainnya selama 12 bulan. Komunikasi antar kru juga disimulasikan sesuai dengan komunikasi di antariksa. Komunikasi keenam kru akan ditunda selama 20 menit, hal itu meniru keterbatasan komunikasi ketika berada di luar angkasa.

Selain itu, soal mandi pun disimulasikan sesuai kondisi antariksa. Enam orang ini akan disediakan sebuah ember yang digunakan selama dua minggu lamanya. Tantangan itu dijalani keenam relawan sejak 29 Agustus 2015 lalu dan berakhir setahun setelahnya.

"Peneliti melihat ke depan untuk mendapatkan dampak dari tidak disediakan makanan segar yang terdapat di kubah," ujar Kim Bintead, peneliti utama untuk Hawaii Space Exploration Analog and Simulation dikutip dari BBC.

Simulasi hidup di Mars ini merupakan hasil pendanaan dari University of Hawaii, AS. Penelitian ini merupakan yang terpanjang yang dikerjakan oleh NASA, setelah misi simulasi Rusia yang menghabiskan waktu 520 hari.

Misi isolasi setahun itu merupakan misi keempat yang dijalani HI-SEAS dan merupakan misi terlama untuk isolasi lingkungan Mars.sebuah simulasi yang dimaksudkan sebagai simulasi perjalanan menuju ke Mars.

Sebelumnya misi isolasi pertama HI-SEAS pada 2012 hanya berjalan singkat, empat bulan saja.

Setelah menyelesaikan misi isolasi setahun, HI-SEAS berencana akan mengirimkan kru untuk simulasi selama delapan bulan pada 2017 dan 2018.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP