TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

VIDEO: Taksi Otonom Pertama di Dunia Debut di Singapura

Startup yang berikan layanan taksi otonom itu yaitu nuTonomy
VIDEO: Taksi Otonom Pertama di Dunia Debut di Singapura
Taksi otonom pertama di dunia, nuTonomy (YouTube)

VIVA.co.id – Saat berbagai perusahaan teknologi dan produsen mobil tengah meracik mobil self-driving atau mobil otonom agar bisa digunakan secara massal, Singapura sudah akan mengimplementasikan taksi pertama di dunia yang menggunakan mobil otonom.

Layanan taksi otonom itu hadir berkat perusahaan rintisan (startup) bernama nuTonomy, sebuah startup piranti lunak untuk mobil otonom. nuTonomy akan menerapkan teknologi tersebut di jalanan Singapura. Dengan demikian, nuTonomy mengalahkan Google, Volvo, ataupun Uber yang masih bergulat merancang mobil otonom.

Diberitakan ABC News, Kamis 25 Agustus 2016, nuTonomy memberikan kesempatan kepada masyarakat terpilih untuk merasakan taksi otonom secara cuma-cuma. Debut taksi otonom tersebut akan dikabarkan mengaspal pada Kamis 25 Agustus 2016.

Untuk tahap awal, nuTonomy akan mengerahkan enam taksi otonom dan itu akan berkembang menjadi selusin pada akhir tahun ini. Tujuannya, nuTonomy memiliki misi besar untuk menguasai semua armada taksi di Singapura agar dijadikan mobil otonom pada 2018.

nuTonomy berkeinginan untuk mengurangi jumlah kendaraan mobil yang sekarang mulai berangsur-angsur memadati jalanan di negara yang identik dengan patung Merlion itu. Pada akhirnya, bila sukses penerapan mobil otonom di Singapura, maka mereka akan jadi role mode untuk di negara-negara lainnya.

Chief Executive Officer (CEO) nuTonomy, Karl Iagnemma, mengatakan sebenarnya sejak April, layanan taksi otonom perusahaannya telah beroperasi ditandai dengan dibukanya pembayaran layanan. Iagnemma mengatakan, secara bertahap, nuTonomy akan melebarkan bisnisnya di kota-kota Asia, Amerika Serikat, hingga Eropa. Tapi, ia tidak mengatakan detil kapan ekspansi di luar pasar Singapura tersebut..

"Saya tidak mengatakan kapan waktunya kita ke mana. Kita telah cukup belajar banyak," ucapnya.

Sekarang taksi otonom tersebut baru jarak tempuhnya masih terbatas dan beroperasi di daerah-daerah dekat perumahan. Mobil-mobil merek Renault dan Mitsubishi yang telah dimodifikasi menjadi lini pertama untuk dijadikan taksi otonom.

nuTonomy merupakan sebuah startup yang memiliki 50 orang karyawan dengan basis kantor di Massachusets, Amerika Srerikat dan Singapura. Dibentuk sejak 2013, nuTonomy dibangun oleh Iagnemma dan Emilio Frazzoli, lulusan Massachusetts Institute of Technology (MIT).

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP