Netflix 'Rayakan' Tiruannya di Korea Utara

Profil Netflix dalam akun Twitter
Sumber :
  • Tangkapan layar Twitter

VIVA.co.id – Penyedia layanan video streaming on demand online, Netflix mengaku tak begitu khawatir dengan munculnya layanan tiruan serupa yang diluncurkan Korea Utara. Malah Netflix ‘menyambut’ tiruannya dari Korea Utara.

Sudah Tahu Belum Autoplay di Netflix Bisa Dimatikan? Begini Caranya

Pekan lalu, melalui televisi nasionalnya, Korea Utara mengumumkan hadirnya layanan video streaming online bernama Manbang. Layanan yang diberikan Manbang layaknya Netflix.

Menanggapi hal itu, Netflix melihat Manbang bukan saingan yang mengancam. Netflix malah mengaku tidak keberatan dibandingkan dengan Manbang.

Netflix Ala Korea Utara, Bisa Karaoke sampai Nonton Sinetron

"Kami tak memikirkan nama (Manbang) dulu," ujar Netflix kepada Business Insider, dikutip Kamis 25 Agustus 2016.

Menariknya, mengetahui munculnya Manbang, Netflix mengubah profil di akun Twitter-nya untuk memberikan sambutan hadirnya Manbang. Dalam profil, Netflix menuliskan sebagai 'tiruan Manbang', tanpa mengubah informasi profil lainnya di akun Twitter tersebut. Pengubahan profil pada akun Twitter itu diyakini untuk menyambut inovasi yang dihadirkan Manbang.

Telkom Buka Netflix, Menkominfo Tunggu Pembukaan Kantor

Meski seperti Netflix, tapi jumlah konten yang ada pada Manbang terbatas. Menurut Korea Central Television, layanan Manbang menyajikan beberapa film dokumenter tentang kepemimpinan. Layanan Manbang juga memungkinkan pengguna untuk membaca artikel dari kantor berita Korea Utara dan salah satu koran Korea Utara.

Untuk menikmati layanan video streaming itu, pengguna harus memakai perangkat tambahan, yaitu perangkat set top box Internet Protocol Television yang bekerja layaknya Apple TV atau Roku. Perangkat set top box menawarkan akses ke lima stasiun televisi.

Ilustrasi video streaming.

Awas, Keseringan Video Streaming Bikin Bentuk Badan Berubah

Dampak buruk jika terus menerus menikmati video streaming.

img_title
VIVA.co.id
13 Juni 2020