VIDEO: Mengenal Octobot, Robot Gurita yang Lembut

Octobot
Sumber :
  • www.voanews.com

VIVA.co.id – Ternyata masa depan yang berbentuk gel.

Arab Saudi Perkenalkan Humanoid Baru, Robot Pria Ini Malah Lakukan Hal Tak Senonoh di Depan Publik

Bentuknya mirip dengan gurita kecil, tidak membutuhkan kabel atau pun baterai dan bisa dibuat dengan harga yang sangat murah dengan printer 3D.ini bisa masuk ke lubang atau jalan yang sempit untuk melakukan penyelamatan.

"Octobot kependekan dari Octopus da Robot. Belum ada orang yang melakukan hal ini. Saking murahnya, kami telah membuat sekitar 300 unit robot," ujar Jennifer Lewis, profesor dari Harvard yang menjadi salah satu anggota peneliti di tim tersebut.

Anak-anak Dalam Bahaya

Menurut penjelasannya, dikutip dari VOA news, Kamis 25 Agustus 2016,t bermateri lembut ini sangat penting dibuat untuk keberlangsungan industri robot ke depannya. Robot gel bisa sesuai dengan manusia ketimbang robot yang padat dan berat.

"Ukurannya yang hanya setelapak tangan, tidak menakutkan bagi manusia. Lembut dan lebih bisa beradaptasi. Yang penting, Octobot ini bisa bergerak ke mana saja dengan muda tanpa bantuan kabel," ujar Lewis.

Buruh Pabrik Mobil Terancam Diganti Robot

Awalnya peneliti hanya ingin gerakan Octobot merayap seperti laba-laba. Namun kemampuan itu kini ditambahkan sehingga Octobot bisa berenang dan merangkak, mirip seperti gurita di laut.

Rahasia pergerakan Octobot adalah reaksi kimia pada cairan. Pergerakan cairan bisa menggerakkan tangan dan mengarahkan aksi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya