TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

VIDEO: Mengenal Octobot, Robot Gurita yang Lembut

Robot itu berbentuk gurita, terbuat dari material yang lembut.
VIDEO: Mengenal Octobot, Robot Gurita yang Lembut
Octobot (www.voanews.com)

VIVA.co.id – Ternyata masa depan robot bukanlah bergantung pada metal dan harga yang mahal. Tim ilmuwan dari Harvard University, Amerika Serikat membuat Ocotobot, robot gurita yang berbentuk gel.

Bentuknya mirip dengan gurita kecil, tidak membutuhkan kabel atau pun baterai dan bisa dibuat dengan harga yang sangat murah dengan printer 3D. Robot ini bisa masuk ke lubang atau jalan yang sempit untuk melakukan penyelamatan.

"Octobot kependekan dari Octopus da Robot. Belum ada orang yang melakukan hal ini. Saking murahnya, kami telah membuat sekitar 300 unit robot," ujar Jennifer Lewis, profesor dari Harvard yang menjadi salah satu anggota peneliti di tim tersebut.

Menurut penjelasannya, dikutip dari VOA news, Kamis 25 Agustus 2016, robot bermateri lembut ini sangat penting dibuat untuk keberlangsungan industri robot ke depannya. Robot gel bisa sesuai dengan manusia ketimbang robot yang padat dan berat.

"Ukurannya yang hanya setelapak tangan, tidak menakutkan bagi manusia. Lembut dan lebih bisa beradaptasi. Yang penting, Octobot ini bisa bergerak ke mana saja dengan muda tanpa bantuan kabel," ujar Lewis.

Awalnya peneliti hanya ingin gerakan Octobot merayap seperti laba-laba. Namun kemampuan itu kini ditambahkan sehingga Octobot bisa berenang dan merangkak, mirip seperti gurita di laut.

Rahasia pergerakan Octobot adalah reaksi kimia pada cairan. Pergerakan cairan bisa menggerakkan tangan dan mengarahkan aksi sang robot.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP