TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Mutiara Terbesar di Dunia Malah Dijadikan Jimat

Mutiara temuan nelayan Filipina itu kalahkan rekor Mutiara Allah
Mutiara Terbesar di Dunia Malah Dijadikan Jimat
Mutiara raksasa di dunia berbobot 34 kilogram (Facebook/Aileen Cynthia Maggay-Amurao )

VIVA.co.id – Siapa sangka mutiara raksasa yang ‘dikail’ seorang nelayan Filipina dari sebuah karang punya nilai jual tinggi. Mutiara alami yang telah ia simpan sejak sepuluh tahun yang lalu itu mempunyai berat 34 kilogram.
 
Diperkirakan mutiara putih itu bernilai sampai US$100 juta atau Rp1,3 triliun.  Dilansir Tech Times, Kamis 25 Agustus 2016, ceritanya berawal sepuluh tahun lalu, ketika itu nelayan tersebut memancing ikan menggunakan perahu, tiba-tiba jangkar perahu tersangkut sebuah kerang raksasa.

Sang nelayan itu kemudian membawa kerang itu ke daratan. Sesampai di daratan, sang nelayan terkejut, sebab ada mutiara seberat 34 kilogram, lebar 30 sentimeter dan panjang 67 sentimeter ada di dalam kerang tersebut.
 
“Dia (nelayan) melihat jangkar tersangkut, lalu ia berenang ke bawah menarik untuk menarik jangkar, sekaligus membawa kerang raksasa itu,” ujar Aileen Cynthia Maggay-Amurao, petugas pariwisata di Puerto Princesa City di Palawan, Filipina. Amurao merupakan bibi dari sang nelayan tersebut.
 
Sang nelayan itu kemudian menyimpan mutiara hingga sepuluh tahun di bawah ranjangnya. Ternyata, mutiara tersebut bukannya dijual oleh nelayan itu, ia malah menjadikannya jimat keberuntungan. Setiap akan pergi memancing, mutiara raksasa ia sentuh terlebih dahulu.
 
Beberapa waktu lalu, sang nelayan itu menitipkan pada bibinya. Sang nelayan itu tampaknya tidak menyadari nilai harga mutiara tersebut. Belakangan sang nelayan terpaksa pindah ke provinsi lain, karena rumah berdinding kayu miliknya terbakar.

Penasaran dengan mutiara yang dititipkannya, Amurao kemudian mencari tahu dan menanyakan kepada ahli apakah mutiara keponakannya itu alami atau buatan.
 
“The Puerto Princesa City kemungkinan akan mendapatkan gelar bergengsi dan menjadi pemecah rekor untuk memiliki mutiara raksasa alami terbesar di dunia setelah disertifikasi untuk keasliannya," Amurao menulis di akun Facebook.
 
Dengan seizin keponakannya, Amurao menawarkan mutiara untuk Wali Kota Puerto Princesa, Lucilo Bayon. Amurao berkeinginan mutiara dijadikan sebagai benda yang dipamerkan di objek wisata. Sekarang, mutiara ditampilkan di Balai Kota New Green.
 
Mutiara nelayan Filipina ini diklaim jauh lebih besar dan berat dari pemegang rekor saat ini, diberi nama Pearl of Allah atau Pearl of Lao Tze, yang juga ditemukan di lepas pantai Palawan. Pearl of Allah, yang ditemukan oleh seorang penyelam lokal pada 1939, beratnya 6,4 kilogram.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP