Startup Lokal Diburu untuk Berlaga di Silicon Valley

Startup World Cup 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Perusahaan pemodal ventura yang berbasis di Amerika Serikat, Fenox VC menjaring perusahaan rintisan di berbagai negara melalui kompetisi bernama Startup World Cup.

Nilai Bisnis juga Tidak Kalah Penting di Era Digital

Salah satu yang dibidik oleh Fenox VC ialah di Indonesia. Selain itu, Fenox VC juga berburu di India, Tiongkok, Jepang, Taiwan, Israel, Australia, Inggris, Republik Ceko, Luxemburg, Afrika Selatan, Chili, Amerika Serikat (West Coast, Midwest, dan East Coast).

"Kami akan bawa semua pemenang dari dari berbagai regional untuk dibawa ke (Amerika Serikat) untuk bertarung di sana dengan meraih dana investasi sebesar US$1 juta," ujar Ketua Startup World Cup  2017 Anis Uzzaman, di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa petang 23 Agustus 2016.

Japan-Indonesia Innovation Summit 2022 Wadah Global Startup Lokal

Dalam menjaring startup berkualitas di Indonesia, Anis yang merupakan dan General Partner & CEO Fenox VC mengatakan, perusahaannya menjalin kerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Terkait dengan hal itu, Bekraf telah menyeleksi sekitar 660 pelaku startup dari enam kota, di antaranya Yogyakarta, Balikpapan, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makassar.

Deputi II Bidang Akses Permodalan Bekraf Fadjar Utomo, mengatakan dari keenam kota tersebut terpilih masing-masing enam startup. Selain melalui jalur roadshow, Bekraf memilih 10 startup kembali yang difasilitasi melalui jalur umum, sehingga terdapat total total 16 peserta di tingkat grand final.

Lima Startup Lokal Ini Sungguh Beruntung

"Dari ke-16 tersebut, 10 startup di antaranya akan ditentukan pemenangnya satu, tapi tiga terbaik lainnya akan kita pilih. Kemudian dari enam startup di enam kota itu akan kita pilih tiga startup, di mana itu akan digabungkan dengan empat startup yang lewat jalur umum, maka total ada tujuh startup yang akan kita bawa ke Silicon Valley, tapi yang berkompetisi cuma satu, yaitu yang menangnya saja," tuturnya.

Dia mengatakan, ke-16 startup yang mengikuti kompetisi Startup World Cup Indonesia, yaitu Qlue, Ahlijasa, Taralite, Kashmi, U-Hop, Klikdaily, Talenta, Kioson, Recomn, Pro Sehat, Denim Club, Azzam Trade, Paprika, Ojesy, Tiketbusku.com, dan Taxies Indonesia.

Program Komunitas Partner GoFood (KOMPAG).

Penipu Makin Jago, GoFood Kian Peduli Keamanan Data Pribadi

Seiring dengan kian pesatnya perkembangan teknologi, begitu pula penipuan yang terjadi di dunia digital. Hal ini diungkapkan oleh GoFood yang mengatakan hal seperti itu..

img_title
VIVA.co.id
17 Oktober 2022