Adonis, Pohon Tertua di Eropa

Adonis, Pohon Berusia 1.075 Tahun yang Tertua di Eropa
Sumber :
  • NatGeo

VIVA.co.id – Pinus Bosnia, atau yang bernama latin Pinus heldreichii, tumbuh di dataran tinggi wilayah Yunani bagian utara. Pohon ini telah diidentifikasi berusia sekitar 1.075 tahun.

Inilah Salah Satu Pohon Tertua di Muka Bumi, Berumur 2.624 Tahun

Identifikasi usia pohon ini menggunakan metode dendrokronologi, atau penanggalan lingkar pohon yang secara ilmiah bisa menentukan usia sebuah pohon melalui analisa pola cincin yang terbentuk pada potongan melintang di batang pohon.

Menurut tim peneliti gabungan dari Stockholm University (Swedia), University of Mainz (Jerman), dan University of Arizona (Amerika) usia 1.075 tahun ini sama saja dengan waktu hidup di zaman Viking. Bahkan pohon pinus ini disebut sebagai pohon hidup tertua yang ada di Eropa.

Sekelompok Pohon Tertua hingga Ribuan Tahun Ditemukan

"Sangat luar biasa mengetahui ada sebuah organisme yang besar, kompleks dan menarik, bisa hidup selama ini, di lingkungan yang tidak terlalu baik. Di sebuah tanah yang pernah dihuni selama 3.000 tahun," ujar ahli dendrokronologi, Paul J. Krusic, dikutip dari National Geographic, Selasa, 23 Agustus 2016.

Oleh para ilmuwan, pohon pinus ini diberi nama Adonis, mengambil nama dewa Yunani. Pohon berusia milenium ini ditemukan saat ekspedisi dilakukan oleh Navarino Environmental Observatory (NEO), untuk mempelajari mengenai perubaan iklim dan dampaknya bagi manusia dan lingkungan di Mediterania.

Misteri Kematian Mendadak Pohon Tertua Berbatang Selebar Bus

Dijelaskan para ilmuwan dalam laporan penelitiannya, Adonis mulai ditanam pada tahun 941, saat kekaisaran Byzantin. Usia 100 tahun dicapai Adonis pada tahun 1041 dan saat menginjak 250 tahun, yakni pada 1191, bersamaan dengan dibangunnya kota Paris. Usia 1.000 tahun dicapai Adonis pada 1941, bertepatan denngan Perang Dunia ke-2. Yunani, kala itu, dikuasai oleh Nazi Jerman, Italia dan Bulgaria.

(mus)

Pohon Tertua di dunia, pohon Pando

Berusia Ribuan Tahun, Ini 7 Pohon Tertua di Dunia

Sederet pohon tertua di dunia telah bertahan dan menyaksikan peristiwa besar sepanjang sejarah. Bahkan, pohon ini bisa hidup hingga miliaran tahun.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2022