Ini yang Bikin Jaringan Smartfren Bermasalah

Smartfren 4G LTE coverage range
Sumber :
  • Viva.co.id/Daru Waskita

VIVA.co.id – Pekan lalu, jaringan PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) mengalami gangguan, hal tersebut pun diakui oleh perusahaan. Namun, untuk saat ini, menyampaikan jaringannya telah kembali normal.

Menkominfo Kasih Lampu Hijau Operator Telekomunikasi untuk Merger

Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys mengatakan, telah terjadi pengoptimalan jaringan yang dilakukan pada 19-20 Agustus 2016. Pengoptimalan itu berdampak pada secara acak di beberapa wilayah secara bergantian, sehingga mengganggu kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan data atau suara untuk sementara waktu.

"Untuk itu kami mohon maaf, jika proses optimasi sistem layanan data 4G LTE dan VoLTE ini memberikan ketidaknyamanan kepada pelanggan Smartfren dalam menggunakan layanan 4G LTE dan VoLTE," ujar Merza melalui keterangan tertulis, Senin, 22 Agustus 2016.

Smartfren Home RE11 Rp500 Ribu, Bisa Nyambung ke Puluhan Perangkat

Merza menjelaskan, proses peningkatan kapasitas dan koneksi layanan data 4G LTE secara bertahap telah selesai dilakukan di area pelayanan wilayah Timur, mulai dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali sampai Lombok, Sulawesi dan Kalimantan. Sedangkan pengoptimalan jaringan dan layanan 4G LTE dilakukan di area pelayanan wilayah Barat dengan cakupan meliputi  Jawa Barat, Jabodetabek dan Sumatera telah selesai pada 20 Agustus 2016.

Sementara itu, Chief Technology Officer Smartfren Christian Daigneault mengungkapkan, penyebab gangguan pelayanan selama pengoptimalan yaitu adanya kesalahan perangkat lunak (software glitch) antara node jaringan dalam jaringan Smartfren di wilayah Barat. Kesalahan itu menyebabkan kelebihan trafik (traffic overload).

Kompaknya 4 Operator Telekomunikasi Indonesia

“Smartfren telah berhasil memulihkan kestabilan jaringan pada 20 Agustus 2016 pada pukul 4 sore, meski demikian, kami terus melakukan penyelidikan atas hal ini sehingga tidak akan terjadi lagi di kemudian hari,” ujar Christian Daigneault.

Smartfren mengatakan, dengan selesainya pengoptimalan jaringan pada 20 Agustus 2016, diharapkan akan lebih memberikan kepuasan kepada pelanggan dalam menggunakan layanan yang dihadirkan oleh Smartfren.

"Smartfren menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan yang terkena dampak dan terganggu kenyamanannya, dalam menggunakan layanan data atau suara dari Smartfren selama kegiatan optimasi berlangsung beberapa hari yang lalu," ujar Daigneault.

Meski demikian, pada akun Twitter @Smartfrencare sebagai saluran informasi kepada pelanggan, masih ditemukan berbagai keluhan pelanggan soal jaringan Smartfren yang mengalami gangguan. Salah satunya dikeluhkan oleh bernama Erika Enda Ginting lewat akunnya, @EEGinting. Anak Perusahaan dari Sinar Mas ini langsung meresponsnya, jaringannya telah kembali normal.

"@EEGinting Hi Mbak selamat siang. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, dapat kami informasikan bahwa saat ini jaringan kami di seluruh lokasi normal stabil, tidak ada kendala jaringan. Agar dibantu cek lebih lanjut, mohon informasikan nomor Smartfren, tipe perangkat, dan lokasinya ya. Kirim melalui menu pesan goo.gl/REU9fx . Terima kasih," jawab Smartfren.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya