VIDEO: Mengenal Manbang, Netflix Ala Korea Utara

Bendera Korea Utara.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Menjadi negara terisolasi di dunia tak membuat Korea Utara tertinggal dalam tren digital. Meski dengan keterbatasan akses internet, warga Korea Utara kini bisa menikmati layanan video streaming online layaknya Netflix. Layanan video streaming itu dinamakan Manbang. Pengungkapan layanan ‘Netflix’ Korea Utara itu disiarkan melalui Korea Central Television.

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Menurut laporan NK News yang dikutip The Verge, Senin, 22 Agustus 2016, layanan video streaming itu memungkinkan pengguna di Korea Utara untuk memainkan kembali (replay) program atau dokumentasi konten. Pengguna juga bisa menikmati sajian konten dalam bahasa Inggris dan Rusia.

Menurut Korea Central Television, layanan Manbang menyajikan beberapa film dokumenter tentang kepemimpinan. Layanan Manbang juga memungkinkan pengguna untuk membaca artikel dari kantor berita Korea Utara dan salah satu koran Korea Utara.

Menko Polhukam Sebut 5.000 Rekening Diblokir Terkait Judi Online

Untuk menikmati layanan video streaming itu, pengguna harus memakai perangkat tambahan, yaitu perangkat set top box Internet Protocol Television yang bekerja layaknya Apple TV atau Roku. Perangkat set top box menawarkan akses ke lima stasiun televisi.

Namun demikian, akses layanan video streaming itu tak sebebas di luar negeri. Laman Recode menuliskan, layanan pada Manbang itu terbatas konten dan aksesnya.

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama
Bursa kripto.

Cocok untuk Content Creator, Aset Kripto Ini Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto yang mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT, Web2 dan Web3 resmi diperdagangkan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024