Universal Flash Storage, Pengganti MicroSD ala Samsung

Chip Samsung
Sumber :
  • cybertheater.com

VIVA.co.id – Perusahaan smartphone asal Korea Selatan, Samsung mengklaim telah memiliki sebuah kartu memori eksternal baru. Kartu memori itu bernama Universal Flash Store (UFS) yang akan menggantikan microSD.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Menurut pihak Samsung, UFS merupakan produk yang digadang-gadang akan menjadi standar baru kartu memori untuk perangkat mobile. Bahkan Samsung menargetkan untuk menjadi pemimpin di pasar memori card UFS.

"Raja Arthur telah menundukkan semua bangsa dengan pedang ajaibnya, Excalibur.  Sedangkan UFS akan menjadi Excalibur masa depan bagi industri mobile," ujar peneliti senior divisi memori Samsung, Chong Hee-chang, seperti dikutip dari Sam Mobile.

Tim Cook Datang ke Indonesia Besok, Apple Turun Takhta

Cho memprediksi jika memori UFS akan memiliki pasar yang luas dalam beberapa tahun ke depan. Seiring dengan vendor smartphone yang menginginkan solusi penyimpanan data dengan kapasitas besar namun memiliki tingkat konsumsi energi yang rendah.

"Storage dengan kapasitas tinggi sangat dibutuhkan untuk perangkat yang memiliki fitur kamera 4K dan 8K. Bahkan UFS juga terbukti sangat berguna dalam produksi konten virtual reality dan gadget otomotif yang membutuhkan sensor kamera,"papar Cho.

Daftar Lengkap Harga HP Samsung per 16 April 2024

Peneliti Samsung dari bisnis memori, Kim Do-kyun, menjelaskan bahwa kartu UFS versi awal mampu melakukan transfer 600 MB per detik. Kapasitas ini bisa ditambahkan menjadi lebih tinggi lagi dalam versi keduanya yang akan diluncurkan pada pertengahan 2018.

Untuk versi kedua, kartu UFS itu bisa melakukan transfer data 1,2 GB per detik. Internal UFS 2.0 dan 2.1, yang bisa mentransfer data 1,2 GB per detik diharapkan bisa ditingkatkan lagi menjadi 2,4 GB per detik pada versi 3.0 nya.

"Dengan lini produk ini kami harap bisa memimpin pasar UFS dalam beberapa tahun ke depan," papar Cho.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya