TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Ini Yang Terjadi Jika Ikan Mas Dibuang Sembarangan

Jangan membuang ikan mas di saluran air atau danau.
Ini Yang Terjadi Jika Ikan Mas Dibuang Sembarangan
Ilustrasi ikan mas koki (Dok. Aneka Ikan Hias)

VIVA.co.id – Peneliti memperingatkan warga dunia untuk tidak membiarkan ikan emas hidup di danau. Mereka mengatakan jika hewan yang tidak hidup di habitat aslinya akan mengakibatkan perubahan yang cukup signifikan, bahkan menciptakan spesies baru.

Dalam sebuah penelitian ditemukan jika ikan mas yang dibiarkan hidup di danau bisa tumbuh sangat besar. Ikan tersebut lama kelamaan akan tumbuh besar karena saking rakusnya memamah biak semua sumber daya yang ada di dalam danau.

"Banyak orang yang tidak paham jika lahan basah terkoneksi dengan sistem sungai. Ketika ikan mas berada di sana, sistem itu akan memperkenalkannya dengan hal-hal yang berbeda, membuat ikan merusak habitat ikan air tawar dan habitat air lainnya," ujar Stephen Beatty dari Veterinary and Life Sciences Murdoch University di Perth, dikutip dari Washington Post.

Sepertinya ini bukanlah masalah baru bagi dunia. Sebelumnya, pada 2015, pemerintah Kanada memberikan imbauan kepada warganya untuk berhenti membuang ikan mas ke dalam saluran air. Bahkan aktivitas membuang ikan mas ke saluran air juga pernah menimbulkan masalah di sungai dan danau sepanjang Amerika.

Dijelaskan Beatty, ikan mas yang tidak tinggal di habitat aslinya akan sangat berbahaya. Bisa tumbuh menjadi besar, bahkan berubah menjadi ikan raksasa di alam liar. Seperti spesies ikan mas dalam negeri bernama Carassius auratus, yang tumbuh menjadi ikan raksasa.

"Di alam liar, ikan mas berubah menjadi karnivora. Mereka tidak hanya makan serpihan ikan tapi semua yang ada di bawah ekosistem itu. Ini mengganggu sedimen dan membuat ikan lain sulit mendapatkan makanan," kata Beatty.

Selain itu, lanjut dia, ikan mas akan menggemukan telur spesies aslinya. Bahkan ikan mas juga akan membawa penyakit baru pada populasi ikan liar lainnya.

Jadi, kata Beatty, tidak ada alasan untuk membuang ikan mas yang tidak diinginkan ke dalam saluran air atau danau. Melepas ikan peliharaan seperti itu memang dianjurkan, tapi ada hal yang lebih manusiawi untuk membuang ikan mas.

"Jika anda tidak lagi menginginkan ikan mas menjadi hewan peliharaan, anda bisa mengembalikannya ke toko hewan. Tapi jika anda ingin ikan mas itu hidup, meletakkannya di kulkas merupakan cara yang paling manusiawi," kata Beatty.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP