TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Ragam Aplikasi ini Bertema Kemerdekaan RI

Pengguna bisa menyambut HUT RI dengan memainkan aplikasi.
Ragam Aplikasi ini Bertema Kemerdekaan RI
Aplikasi bertema kemerdekaan (Google Play)

VIVA.co.id – Indonesia sudah menginjak usai kemerdekaan ke-71 tahun. Perayaan HUT RI tersebut sudah dilakukan masyarakat di berbagai daerah. Umumnya perayaan dilakukan dengan menggelar lomba.

Tanpa mengikuti lomba, pengguna kini bisa menyambut hari bersejarah itu dengan beberapa aplikasi bertema kemerdekaan. Berikut beberapa aplikasi bertema kemerdekaan yang tersedia di Google Play:

1. Malang Strudel: Panjat Pinang

Game ini menampilkan tantangan permainan yang populer di Indonesia, panjat pinang. Pengembang menyediakan enam peta berbeda untuk lokasi panjat pinang. Aplikasi ini punya kapasitas 25 Mb dan tela diinstal ribuan kali.

Cara memainkan game ini cukup mudah. Sebelum bermain, pengguna log in terlebih dahulu, kemudian mengisi formulir identitas dan langsung bisa memainkan game.

Nah, menariknya pengembang game ini, menawarkan 10 pemain terbaik untuk mendapatkan Malang Strudel yaitu kue lapis isi berbagai buah-buahan, selama persediaan masih ada. Penawaran promosi ini berlaku sampai 31 Agustus 2016.

Aplikasi bertema kemerdekaan

 

2. Goresan Juang Kemerdekaan

Aplikasi ini merupakan untuk menggali dan mendalami lukisan karya maestro seni Indonesia. Aplikasi ini juga untuk mengiringi pameran karya seni Istana Kepresidenan bertajuk 17/71 di Galeri Nasional.

Bagi pengunjung yang datang ke Museum Nasional bisa memanfaatkan aplikasi ini. Pengunjung dapat merasakan interaksi langsung antara benda-benda maya dengan dunia nyata ini dengan menggunakan perangkat telepon genggam berbasis Android. Caranya adalah dengan menjalankan aplikasi berjudul Goresan Juang Kemerdekaan yang dibuat oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Saat aplikasi ini dijalankan, pengunjung tinggal mengarahkan kamera telepon genggam ke arah lukisan dan mereka akan melihat informasi berupa nama pelukis, tokoh-tokoh di dalam lukisan, serta latar belakang cerita dalam bentuk animasi multimedia yang mudah dipahami. Bahkan ada beberapa game kecil yang bisa dimainkan yang membuat Informasi menjadi lebih menarik, terutama untuk generasi muda yang akrab dengan teknologi di dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi yang tidak bisa datang ke lokasi pameran, aplikasi ini menyediakan mode non lokasi.

Aplikasi bertema kemerdekaan

3. Lagu Nasional Indonesia

Memaknai hari kemerdekaan bisa dilakukan dengan memutar lagu-lagu nasional. Aplikasi besutan pengembang Golden Five ini menyediakan sederetan lagu nasional yang sudah populer di telinga kita.

Beberapa di antara lagu nasional yaitu Indonesia Raya (W.R. Supratman), Bagimu Negeri (Kusbini), Tanah Airku (Ibu Soed), Satu Nusa Satu Bangsa (Liberty Manik), Berkibarlah Benderaku (Ibu Soed)
sampai Mengheningkan Cipta (Truno Prawit). Aplikasi ini sudah diunduh antara 50-100 ribuan kapasitasnya 56 Mb.

4. Sang Pahlawan

Aplikasi yang dibuat pengembang Ritekno ini menyediakan ensiklopedia pahlawan Indonesia. Aplikasi ini memuat biografi sang pahlawan, mulai dari sejarah pergerakan sampai kemerdekaan Indonesia.

Selain menyediakan biografi pahlawan, pengembang game ini juga terdapat kuis terkait dengan pahlawan Indonesia. Pengembang juga menyediakan fitur sejarah yang mengajak pengguna untuk mengenal sejarah dan peristiwa yang terjadi di Indonesia.

Aplikasi bertema kemerdekaan

5. Ajaran Bung Karno

Aplikasi ini berisi rangkaian pemikiran dan ajaran Soekarno, proklamator kemerdekaan Indonesia.

Salah satu ajaran Bung Karno yang bisa dibaca dalam aplikasi ini misalnya amanat Bung Karno dalam hubungan internasional. Dalam hal ini, ajaran Bung Karno bisa dilihat dari upayanya menggalang KTT Non Blok. Kemudian terdapat ajaran Bung Karno tentang nasionalisme, dan pemikiran kebangsaan lainnya.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP