Google Rilis Duo, Aplikasi Video Call Aman untuk Semua Orang

Aplikasi Duo
Sumber :
  • Google

VIVA.co.id – Google hari ini secara global merilis Google Duo, aplikasi video call yang bekerja antar ponsel, baik Android maupun iOS. Duo didesain untuk memudahkan komunikasi via video, sehingga Anda tak perlu khawatir apakah kerabat Anda menggunakan perangkat tipe serupa.

Siap-siap Menyambut Xiaomi 14 di Indonesia

Rilis aplikasi Duo juga akan mengobati kebutuhan pengguna di Indonesia. Menurut data dari Google YouGov survey pada Juli 2016, 19 persen dari netizen berusia lebih dari 18 tahun di Indonesia melakukan video call lewat ponsel mereka setiap hari.

Namun, 81 persen dari mereka mengatakan, koneksi internet yang tidak stabil kerap membuat frustasi, dan 25 persen mengaku pengalaman video call masih belum maksimal saat dilakukan dari jenis ponsel yang berbeda.

THR Cair Saatnya Beli HP Baru, Harga Rp1,4 juta Sudah Dilengkapi AI

Aplikasi Duo hadir dengan menawarkan pengalaman yang sederhana. Hanya dengan nomor telepon saja, Anda bisa langsung menghubungi orang-orang di daftar kontak Anda. Pengguna tak perlu lagi membuat akun terpisah, tinggal melakukan sign up dan mulai menelepon.

“Video call adalah pengalaman berkomunikasi paling mirip dengan bertatap muka, tapi pengalaman ini kadang masih membuat frustasi dan rumit. Anda bisa selalu berbagi momen penting dengan orang terdekat, di manapun Anda berada,” kata Justin Uberti, Principal Software Engineer Google Duo dalam keterangan tertulisnya, Selasa 16 Agustus 2016.

Terkuak Kebiasaan 1 Keluarga Sebelum Lompat dari Apartemen, Sering Lakukan Hal Ini

Kualitas panggilan  

Duo juga diklaim memberikan komunikasi yang cepat dan tak merepotkan. Video call melalui aplikasi ini bisa terhubung dengan cepat meski dengan koneksi lambat.

Kualitas panggilan akan mengikuti perubahan jaringan, dan saat bandwidth terbatas, Duo akan secara otomatis mengurangi resolusi gambar agar panggilan tetap mulus. Duo juga bisa secara otomatis beralih dari Wi-Fi ke jaringan ponsel dan sebaliknya, tanpa memutus panggilan. Jadi saat Anda memulai telepon dari rumah dengan koneksi Wi-Fi, pengguna tetap bisa berbicara tanpa putus begitu Anda melangkah keluar dan mulai menggunakan jaringan ponsel.

Google merancang apikasi Duo dengan desain yang ramah. Agar panggilan telepon terasa lebih seperti undangan dan bukan gangguan, Duo menciptakan fitur Knock Knock, yang membolehkan Anda melihat penelepon sebelum Anda menjawab panggilan. Anda pun bisa tahu lebih dulu siapa dan tujuan panggilan yang masuk.

Selain itu, untuk kenyamanan Google membuat Duo dengan penekanan pada privasi dan keamanan, sehingga semua panggilan di aplikasi Duo dienkripsi dari awal hingga akhir (end-to-end encrypted). (ren) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya