TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

China Luncurkan Satelit Anti-Hacker

Satelit QUESS menggunakan teknologi komunikasi kuantum
China Luncurkan Satelit Anti-Hacker
Salah satu satelit buatan China (Xinhua)

VIVA.co.id – China akhirnya meluncurkan satelit kuantum pertama di dunia. Satelit itu diharapkan membantu menetapkan komunikasi 'tahan peretasan’ antara antariksa dan daratan di Bumi.

Satelit yang dinamakan Quantum Experiments at Space Scale (QUESS) itu diluncurkan pada Selasa dini hari 16 Agustus 2016 waktu setempat dari Jiuquan Satellite Launch Centre, area barat laut Provinsi Gansu, China.

Kantor berita setempat Xinhua mengatakan, misi peluncurkan satelit tersebut merupakan ambisi Negeri Tirai Bambu dalam program antariksa, yang menjadi prioritas Presiden Xi Jinping.

"Dalam misi dua tahun itu, QUESS dirancang untuk menahbiskan komunikasi kuantum yang 'tahan peretasan' dengan mentransmisi kunci yang tak bisa dibuka dari antariksa ke daratan," tulis Xinhua dikutip Reuters, Selasa 16 Agustus 2016.

Komunikasi kuantum satelit itu diharapkan bisa menumbuhkan keamanan sangat tinggi, sebab foto kuantum tidak dapat dipisahkan atau digandakan. Maka dengan kondisi tersebut, tidak mungkin dilakukan penyadapan, pencegatan dan pembukaan informasi yang dikirimkan satelit tersebut.

Xinhua mencatat, komunikasi aman satelit tersebut bisa mengamankan komunikasi antara Beijing dan Urumqi, area di wilayah barat jauh Xinjiang yang sering terjadi kekerasan. Pemerintah China memang sedang fokus menanggulangi kekerasan yang ada di area tersebut.

"Satelit baru yang diluncurkan itu menandai transisis peran China dari pengikut dalam pengembangan teknologi informasi klasik menjadi salah satu pemimpin," kata Pan Jianwei, Kepala Ilmuwan proyek satelit tersebut.

Selain bermanfaat untuk komunikasi sehari-hari di dalam negeri, Xinhua menuliskan, komunikasi kuantum satelit itu bisa menjadi prospek luar biasa dalam bidang pertahanan.

Dalam teknologi antariksa, China memang merilis beberapa program antariksa dengan tujuan damai. Tapi peningkatan kemampuan antariksa China itu dipandang Departemen Pertahanan AS sebagai langkah untuk mencegah musuh di antariksa.

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP