TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Menkominfo Luncurkan Gerakan 1000 Startup di Yogyakarta

Yogya dipilih karena iklim kota ini mendukung pengembangan startup.
Menkominfo Luncurkan Gerakan 1000 Startup di Yogyakarta
Menkominfo Rudiantara (VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto)

VIVA.co.id – Sebagai upaya untuk menumbuhkan ekosistem digital yang berkelanjutan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, meluncurkan gerakan seribu pengusaha rintisan (startup ) digital di Yogyakarta.

"Gerakan ini merupakan milik masyarakat Indonesia terutama generasi muda agar terbentuk ekosistem digital yang berkelanjutan di Indonesia," kata dia di sela-sela peluncuran gerakan itu, Sabtu 13 Agustus 2016.

Rudiantara menjelaskan, gerakan seribu startup digital itu akan memicu lahirnya kolaborasi dari setiap pemangku kepentingan mulai dari pemerintah, komunitas, media, akademisi dan pelaku bisnis. Semakin banyak munculnya startup digital maka akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

"Melalui gerakan ini diharapkan akan muncul juga seribu perusahaan baru berbasis digital yang mana anak muda sebagai motor penggeraknya," jelasnya.

Rudiantara mengatakan, Yogyakarta dipilih sebagai salah satu kota untuk peluncuran program ini, karena kota ini memiliki pertumbuhan startup digital cukup besar setiap tahunnya. Mengutip data Jogja Digital Valley Yogyakarta, tercatat di Kota Pelajar ini ada 190 startup digital dengan pertumbuhan 30 perusahaan baru setiap tahunnya. Dari ratuan startup itu, 34 persennya memiliki pangsa pasar internasional. Selain itu, Yogyakarta dipilih lantaran punya lingkungan yang mendukung serta tenaga ahli yang cukup banyak di bidang digital.

Gerakan seribu startup digital di Yogyakarta ini dilakukan oleh Innovative Academy. Lembaga ini merupakan inkubasi startup digital di Universitas Gadjah Mada yang sudah berdiri sejak 2014. Melalui lembaga ini, gerakan seribu startup digital di Yogyakarta diawali dengan seminar kewirausahaan. Seminar ini menghadirkan para profesional di bidang usaha yang berbasis digital di Indonesia. Ada pemilik Gojek, Dagadu, Sale Stock, dan beberapa pengusaha lainnya.

Mentor Gerakan seribu startup digital di Yogyakarta, Hargo Utomo mengatakan, semangat wirausaha yang tinggi dan kemauan yang besar merupakan modal bagi tumbuhnya startup digital.

(ren)

"Ini tantangan bagi anak muda untuk menjadi pengusaha digital," ujarnya.

Pembukaan dan seminar seribu startup digital di Yogyakarta diikuti ratusan anak muda di Yogyakarta dan sekitarnya.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP