TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

12 Destinasi Wisata Ini Diperkuat Jaringan 4G LTE

Termasuk Borobudur, Labuan Bajo, dan Toba.
12 Destinasi Wisata Ini Diperkuat Jaringan 4G LTE
Turis asing berwisata di Candi Borobudur. (REUTERS/Andreas Fitri Atmoko/Antara Foto)

VIVA.co.id – Pemerintah tengah mendorong industri pariwisata lokal dengan upaya menggaet 12 juta wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Tanah Air pada tahun 2016. Sementara target perjalanan wisatawan lokal mencapai 260 juta. Tahun 2019, diperkirakan jumlah wisman menembus 20 juta, di mana akan menyambangi 10 destinasi wisata kelas wahid dengan kontribusi kedatangan 8,5 juta wisman.

Dalam mendukung upaya pemerintah mempromosikan destinasi wisata di Indonesia, Telkomsel mengoptimalkan jaringan di 12 destinasi wisata ternama. Ini dilakukan guna memenuhi tingginya kebutuhan wisatawan dalam menggunakan layanan telekomunikasi di daerah tersebut.

Ke 12 destinasi wisata yang dimaksud itu Borobudur (Jateng), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), Bromo-Tengger-Semeru (Jatim), Kepulauan Seribu (Jakarta), Toba (Sumut), Wakatobi (Sulteng), Tanjung Lesung (Banten), Morotai (Maluku Utara), Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Bunaken (Sulut), dan Raja Ampat (Papua).

"Kehadiran infrastruktur telekomunikasi sangat penting dalam menunjang potensi wisata suatu daerah. Untuk itu, kami melakukan peningkatkan kualitas jaringan guna mempermudah yang ingin berbagi dan menyebarkan eksotisme Indonesia ke seluruh dunia," ujar Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah dalam siaran persnya, Jumat, 12 Agustus 2016.

Telkomsel menyadari, bahwa perilaku wisatawan saat ini sering mengandalkan telekomunikasi, seperti layanan data untuk mengunggah foto dan video ke media sosial, atau aplikasi pesan instan. Selain itu, akses internet juga dimanfaatkan wisatawan dalam mencari informasi, wisata kuliner, penginapan, seni dan budaya di lokasi.

Optimalisasi jaringan yang dilakukan Telkomsel, berupa membangun Base Tranceiver Station (BTS) 4G baru, memperbarui BTS existing menjadi ke BTS 4G, menambah kapasitas transmisi jaringan, serta memperluas jangkauan jaringan.

Dikatakannya, operator seluler plat merah ini selalu melakukan monitoring kualitas jaringan secara rutin, bahkan mengoperasikan Compat Mobile Base Staion (Combat) untuk memperkuat jaringan pada saat digelarnya event-event berskala nasional dan internasional di kawasan wisata.

Saat ini, di 12 destinasi 'surga pelancong' itu sudah dilayani 140 BTS, di mana separuhnya merupakan BTS broadband (3G dan 4G) untuk menjamin kenyaman dalam mengakses layanan data. Dari sisi jangkauan jaringan, lebih dari 80 persen wilayah di masing-masing sudah diselimuti jaringan Telkomsel.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP