TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Segera, Internetan di Opera Android Aman dan Bebas Blokir

Opera segera merilis Opera VPN untuk Android
Segera, Internetan di Opera Android Aman dan Bebas Blokir
Logo Opera (U-Report)

VIVA.co.id – Opera Sofware memberikan pembaharuan terbaru layanan peramban mereka. Salah satu yang menarik yaitu Opera ingin pengguna Android makin nyaman dalam berselancar dengan peramban mereka.

Opera mengatakan sedang menyiapkan peramban mereka yang membuat pengguna Android aman dengan meluncurkan Opera VPN untuk Android.

Virtual Private Network (VPN) merupakan metode yang dipakai pengguna untuk mendapatkan akses dan keamanan berselancar di dunia maya secara aman. Dengan metode ini, pengguna bisa aman dan bebas dari pemblokiran akses.

Biasanya untuk mendapatkan VPN, pengguna harus membayar biaya langganan, tapi khusus untuk Opera VPN, diberikan secara gratis ke pengguna setia Opera.

Selama ini, Opera VPN hanya tersedia untuk platform iOS saja.

"Opera VPN ini memastikan privasi Anda. Dan segera ini akan tersedia di Android," kata Kleinhout, Produk Manajer Opera software, Kamis 11 Agustus 2016.

Opera memperbaharui fitur yang ada pada Opera Mini untuk Android, yaitu video boost, ad blocker dan video downloader.

Fitur video boost membantu pengguna dalam menghemat data. Fitur ini dihadirkan mengingat tren akses video pengguna di Indonesia tergolong tumbuh tinggi. Catatan Opera, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang doyan streaming video mencapai lebih dari 130 persen. Angka tersebut lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan global.

Nah, fitur video boost mengurangi data dan video dan memungkinkan video berjalan lebih cepat jika dioptimalkan. Fitur ini makin penting, saat pengguna akse video pada koneksi data lamban dan paket datanya terbatas.

Kleinhout mengatakan, fitur video boost memastikan agar pengguna Opera Mini Android mendapatkan kualitas video yang mumpuni.

Fitur kedua yaitu pemblokir iklan, ad blocker. Tentu ini membuat nyaman pengguna, sebab mereka tak terganggu dengan datangnya iklan saat asyik berselancar di internet.

Dalam uji coba, Opera mengatakan fitur ad blocker membuat halaman lebih cepat dibanding peramban Chrome.

Google Chrome rata-rata memuat halaman 14 persen lebih lama dibanding Opera. Sedangkan soal penghematan data, setelah iklan dihapus rata-rata data yang diunduh per halaman web di Android yaitu 229 Kb. Sedangkan Chrome mengonsumsi 47 persen lebih banyak data dan Adblock Browser milik Chrome disebutkan paling boros dengan menghabiskan 3,4 kali data lebih banyak.

Opera memberikan sentuhan baru dengan fitur video downloader. Fitur ini memungkinkan untuk mengunduh video yang diunggah secara langsung ke media sosial  atau di platform video, tanpa memasang aplikasi lain.

Fitur ini membantu dan bekerja pada situs video yang tak punya built-in media player.      

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP