TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Menkominfo Ungkap Nasib Project Loon di Indonesia

Tahun ini dipastikan akan diterbangkan
Menkominfo Ungkap Nasib Project Loon di Indonesia
Eksekutif operator seluler RI kerja sama Project Loon (XL Axiata-Indosat)

VIVA.co.id – Pembahasan soal implementasi uji coba balon internet Google, Project Loon, di langit Indonesia terus berlanjut. Bahkan, dikatakan bahwa pihak Google X, yang merupakan pengembang Project Loon telah bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

Untuk diinformasikan, Project Loon atau balon internet merupakan inovasi teknologi yang dikeluarkan oleh Google X. Namun, kini perusahaan tersebut bernama X saja.

"Baru orang Loon-nya, tadi baru ketemu. Mereka mau update saja dari sisi keamanan dan katanya sudah komunikasi dengan Mabes TNI," ucap Rudiantara ditemui di Ruang Serbaguna, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta, Kamis, 11 Agustus 2016.

Rudiantara melanjutkan, kemudian X juga harus mengurus izin lalu lintas udara kepada Kementerian Perhubungan, sebagai syarat sebelum balon internet tersebut dapat mengudara di wilayah Nusantara.

Namun, pergantian Menteri Perhubungan, dari Ignasius Jonan ke Budi Karya Sumadi, membuat proses izin dari instansi tersebut jadi tersendat.

"Sebelum pergantian menteri, mereka sudah clear. Tapi karena menteri baru, nanti diperbarui lagi," ucapnya.

Saat dikonfirmasi soal pembagian wilayah untuk pengoperasian Project Loon di Tanah Air, Rudiantara mengaku belum tahu. Ia hanya memastikan bahwa Project Loon akan mengudara tahun ini juga.

Untuk diketahui, pengujian balon internet Google itu bekerjasama dengan tiga operator telekomunikasi RI, Telkomsel, XL, dan Indosat Ooredoo.

"Oh, iya pasti tahun ini (Project Loon terbang)," kata dia.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP